Manado (ANTARA News) - Bank Indonesia Manado mempelajari pergeseran tugas dan tanggung jawab direksi Bank Sulut, dalam upaya mendukung kelancaran operasional bank pembangunan daerah ini.

"Ada permintaan dari pimpinan Bank Sulut untuk pergeseran direktur umum dengan direktur kepatuhan begitu sebaliknya, ini sedang kita dalami,"kata Pemimpin Bank Indonesia Manado, Ramlan Ginting, di Manado, Sabtu.

Saat ini Direktur Umum Bank Sulut adalah Ricky Lintang sementara Direktur Kepatuhan adalah Jeffry Lungkang.

Ginting mengatakan, pada dasarnya, pergeseran jabatan tersebut tidak ada masalah, artinya dari sisi hukum bisa-bisa saja, hanya saja harus mengikuti prosedur sebagaimana aturan berlaku.

"Salah satunya uji kepatutan dan kelayakan, untuk direktur umum menjadi direktur kepatuhan maka pejabat tersebut harus mengikuti uji lagi, sebaliknya direktur kepatuhan ke umum, bisa secara otomatis berpindah ke jabatan baru," katanya.

Guna memperkuat pergantian tersebut, kata Ramlan, maka sebaiknya pergeseran jabatan tersebut diperkuat melalui mekanisme rapat umum pemegang saham (RUPS).

"Bagi BI, pergantian jabatan soal biasa di dunia perbankan, artinya direksi dapat melakukan penggantian sepanjang itu demi kemajuan bank ke depan, namun tetap harus ada ijin BI," kata Ramlan.

Direktur Utama PT Bank Sulut, Jeffry Wurangian, mengatakan, pergeseran tersebut guna menempatkan seseorang sebagaimana basic ilmu, pengetahuan dan kecakapan yang dikuasainya.

"Pergeseran ini tidak perlu dipermasalahkan lebih dalam, karena kebijakan ini semata-mata dimaksudkan memperlancar pelaksanaan operasional usaha perbankan," kata Wurangian. (ANT)
















Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011