Sydney (ANTARA) - Australia and New Zealand Banking Group (ANZ) mengatakan pada Kamis bahwa mereka melakukan pembayaran stablecoin dolar Australia, dalam transaksi penting untuk menjadi pemberi pinjaman Australia pertama yang mencetak aset digital yang terkait dengan mata uang negara itu.

Stablecoin adalah jenis aset digital yang dirancang untuk menjaga nilainya tetap stabil dalam kaitannya dengan aset lain, dan sering digunakan sebagai portal ke mata uang kripto lain atau untuk menghasilkan pendapatan dalam sistem keuangan terdesentralisasi.

ANZ mengatakan telah mengirimkan stablecoin dolar Australia, yang disebutnya A$DC, ke perusahaan manajemen kekayaan swasta untuk aset digital - Victor Smorgon Group - melalui platform investasi aset digital Zerocap.

Langkah perusahaan untuk mencetak aset digital yang terkait dengan dolar Australia terjadi setelah bank sentral Australia (RBA) mengatakan tahun lalu pertumbuhan dompet digital dapat memungkinkan pertukaran token atau bentuk uang digital yang dapat didukung oleh RBA, sekalipun bank sentral tetap skeptis terhadap mata uang digital.

ANZ, pemberi pinjaman nomor tiga di negara itu, mengatakan telah mencetak 30 juta A$DC menggunakan kontrak cerdas dan koin-koin tersebut ditransfer antara para pihak dan kemudian ditebus kembali ke mata uang Fiat.


Baca juga: Depkeu AS dan industri keuangan bahas mata uang kripto stablecoin
Baca juga: UnionPay gandeng ANZ untuk perluas akseptansi kartu kredit UnionPay di kawasan Pasifik Selatan
Baca juga: ANZ incar pertumbuhan kredit 15-17 persen

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022