Jedah (ANTARA News) - Calon jamaah haji dari Indonesia mulai berdatangan di Arab Saudi, Minggu, seperti 450 jemaah dari Jambi embarkasi Batam Hang Nadim tiba di bandara Madinah jam 11.50 waktu setempat atau 15.50 WIB, dan mereka merupakan kelompok terbang asal Indonesia pertama mendarat di Madinah.

Para jemaah disambut oleh Konsulat Jenderal RI Arab Saudi, Zakaria Ashar, dan Kepala Daerah Kerja Madinah, Akhmad Jauhari.

Saat menunggu pemeriksaan paspor di imigrasi bandara, jemaah Indonesia diberi butiran kurma dan taburan bunga mawar.

Seluruh jemaah haji asal Jambi mengenakan seragam batik dan syal hijau yang dipakai di pundak. Banyak di antara mereka setibanya di bandara langsung menghubungi keluarga dan kerabatnya di tanah air.

"Alhamdulillah, kami sudah sampai di Madinah," ujar Nasri, yang berhaji dengan istrinya.

Zakaria Anshar, yang juga Ketua Harian Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) 1432H/2011, meminta para jemaah berdoa untuk diberi kekuatan dan kesabaran dalam menjalankan ibadah haji, baik di Mkkah maupun di Madinah.

"Manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya untuk beribadah, dan jaga kesehatan. Hindari ucapan dan kegiatan yang merusak ibadah. Mudah-mudahan saat malakukan ziarah ke makam Rasulullah mendapat rahmat," kata Zakaria.

Direktur Muassasah Adila, Askad Ismail Maslukh, yang juga ikut menyambut kedatangan kelompok terbang (kloter) pertama jemaah haji Indonesia memuji perilaku jemaah Indonesia yang selalu tertib, dan berakhlak dibanding jemaah lain, serta tidak suka bertikai. (*)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011