Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 90 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengikuti Pertandingan Olah Raga dan Seni (Porseni) BUMN 2011 yang berlangsung 1-14 Oktober 2011.

Porseni yang diikuti sekitar 9.000 peserta ini dibuka Deputi Menteri BUMN Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Pandu A. Djayanto, di Gedung Olah Raga (GOR) Sumantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta.

Dengan mengusung tema "Bersama Dalam Sportivitas dan Kreativitas Untuk Budaya Unggul BUMN" Porseni mempertandingkan delapan cabang olah raga yaitu sepakbola, futsal, bulutangkis, tenis lapangan, tenis meja, bola voli, basket, dan bowling.

Selain itu juga mengikuti lomba seni yaitu vocal group, BUMN mencari bakat, duta BUMN dan lomba fotografi.

Seluruh peserta lomba akan memperebutkan 112 medali emas, perak dan perunggu, dan Piala Bergilir Menteri BUMN bagi juara umum.

Pandu Djayanto dalam sambutannya mengatakan, tujuan penyelenggaraan ini adalah sebagai wadah dalam menumbuhkembangkan budaya olahraga di kalangan BUMN.

"Dengan budaya olahraga yang di dalamnya terdapat jiwa disiplin, pantang menyerah, ulet, gigih, diharapkan akan menjadi nilai-nilai yang diterapkan juga dalam membangun BUMN," ujarnya.

Dengan insan olahraga yang berbudaya unggul diharapkan akan meningkatkan kemampuan dalam memberikan kontribusi yang signifikan kepada bangsa dan negara.

Pembukaan Porseni berlangsung meriah yang diawali dengan eksibisi pertandingan sepak bola antara tim Kementerian BUMN menghadapi tim sepakbola direksi BUMN.

Selain itu juga mempertunjukkan aksi terjun payung, menggelar defile dari 90 BUMN, tarian kolosal, marching band, dan penggemar sepeda ontel.
(R017/R010)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011