Jakarta (ANTARA News) - Harri Heliovaara (Finlandia) dan Tamaryn Hendler (Belgia) tampil sebagai juara turnamen tenis Men's Future dan Women`s Circuit Garuda Indonesia Championships setelah mengalahkan lawan mereka pada babak final di Jakarta, Minggu.

Bermain di Lapangan Tenis Gelora Bung Karno, Heliovaara memimpin 6-3, 1-0 ketika lawannya dari Korea Selatan, Daniel Yoo, mengundurkan diri karena sakit perut.

Sementara Hendler sempat kehilangan satu set sebelum akhirnya menang atas unggulan kelima Chanel Simmonds (Afrika Selatan), 5-7, 6-4, 6-3.

Menurut dokter turnamen, dokter Suryadi, Yoo mengaku sakit perut dan merasa kesakitan sewaktu memukul bola pada pertandingan itu.

"Dia katakan kepada saya bahwa perutnya sakit mulas-mulas. Semalam dia makan di luar, dan tidak makan di hotel seperti biasanya. Mungkin dia makan makanan yangh pedas yang tidak biasa dia makan," tutur dokter Suryadi.

Sebagai juara Heliovaara mendapat hadiah uang US$ 1.940 atau Rp 17,2 juta. Sedangkan Yoo kebagian US$ 1350 atau Rp 11,9 juta.

Sementara itu di bagian putri Hendler mengaku awalnya dia tampil agak grogi. Dia kemudian perlahan-lahan mencoba tampil lebih berkonsentrasi dan lebih fokus sehingga memenangi set kedua.

Kemenangan pada set kedua itu menambah kepercayaan diri Hendler. Karena itulah pada set ketiga dia mencoba mengambil inisiatif penyerangan dengan bola-bola yang tajam.

Hendler sempat memimpin 5-1 sebelum kemudian Simmonds mencoba mengejarnya hingga 5-3. Pada kedudukan inilah Hendler kembali menekan dengan bola-bola tajam di sudut-sudut lapangan Simmonds. Games ini menjadi milik Hendler ketika bola kembalian Simmonds nyangkut net.

Petenis Belgia ini langsung mengangkat tangannya tinggi-tinggi meluapkan kegembiraannya. Setelah menyalami Simmonds, Hendler keluar lapangan untuk menjumpai pelatih yang juga ayahnya sendiri di bangku penonton.

Gelar juara yang diraih Hendler kali ini merupakan yang kedua pada 2011. Sebelumnya dia tampil sebagai juara turnamen setingkat ini di Jepang, 5 September lalu. Waktu itu dia di final mengalahkan petenis Jepang, Eguchi Misa 7-6 (4), 6-1.

Sebagai juara Hendler berhak atas hadiah uang US$ 2.940 atau Rp 26 juta. Sementara Simmonds sebagai runner-up berhak atas hadiah UD$ 1.666 atau Rp 14,7 juta.

Hendler dan Simmonds selanjutkan akan tampil pada seri kedua turnamen ini di Palembang, 2-9 Oktober. Pertandingan hari Minggu (2/10) dan Senin (3/10) menampilkan babak kualifikasi. Sementara pertandingan babak utama berlangsung mulai Selasa (4/10).

Jumlah hadiah kelompok putra dan putri pada seri kedua sama dengan seri pertama. Pada Men?s Future jumlah hadiah total US$ 15.000 atau Rp 132,7 juta. Sedangkan pada Women?s Circuit jumlah hadiah totalnya US$ 25.000 atau Rp 221,2 juta.

Turnamen seri kedua nanti sekaligus uji coba lapangan dan personel SEA Games Ke-26. Pesta olahraga antarnegara Asia Tenggara dijadwalkan berlangsung di Jakarta dan Sumatera Selatan, 11-22 November mendatang.

Pertandingan cabang olahraga tenis berlangsung di Stadion Tenis PT Bukit Asam yang masih baru di Gelora Jakabaring, Palembang.
(ANT-133/T009) 

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011