Madrid (ANTARA News) - Juara bertahan Barcelona naik ke puncak klasemen kompetisi La Liga, Minggu, setelah menang 1-0 atas tim papan bawah Sporting Gijon sedangkan Gonzalo Higuain membuat hatrik dalam kemenangan 4-0 Real Madrid di Espanyol.

Barcelona yang didera cedera pemain naik ke puncak dengan mengoleksi 14 poin ketika Adriano memberikan kemenangan tandang pertama musim ini.

Levante berada di bawah mereka dengan selisih gol setelah menang 1-0 di Real Betis, sedangkan Real terpaut satu poin dari urutan ketiga dan berada di tempat ketujuh di bawah Malaga dan Valencia yang mengoleksi 13 poin.

Setelah seri atas Real Sociedad dan Valencia, Barcelona berkunjung ke Sporting dengan didera cedera pemain.

Cesc Fabregas dan Andres Iniesta berada di antara pemain tengah yang sedang dalam perawatan sedangkan Carlos Puyol dan Gerard Pique tidak terdapat di lini bertahan.

Adriano mencetak gol tunggal itu setelah pertandingan berlangsung 11 menit, dengan memanfaatkan bola liar setelah bola tendangan Xavi Hernandez membentur tiang gawang dan mental ke arahnya.

Eric Abidal cedera setelah turun minum sehingga menambah kekhawatiran pada bagian bertahan Barca.

"Kami melawan Sporting yang tampil amat kuat, sehingga kami harus bekerja keras. Permain amat cepat dan ketat," kata pelatih Barcelona Pep Guardiola.

"Kami selalu mengalami masalah setelah melakoni laga Liga Champions, tetapi saya kira kami melakukannya dengan baik pada babak pertama," katanya.

Real Madrid yang sempat mengawali permainan musim ini dengan payah, tetapi bangkit lagi dari ketertinggalan satu poin setelah memenangi dua laga akhir.

Cristiano Ronaldo mendapat peluang tapi bola menerpa tiang gawang ketika pertandingan berlangsung di Espanyol, tetapi akhirnya Real memimpin setelah permainan berlangsung 17 menit, ketika Rolando membangun serangan dan mengirimkan bola kepada Higuain.

Kaka seharusnya menambah angka mereka sebelum penjaga gawang Iker Casillas juga memblok tembakan dari Thievy Bifouma dan Sergio Garcia.

Mendekati pertengahan babak kedua, Higuain menendang amat keras ke pojok gawang sedangkan Vladimir Weiss gagal memanfaatkan peluangnya untuk mempertipis defisit mereka.

Pemain pengganti Jose Callejon mencetak angka ketiga lawan bekas klubnya itu dan Higuain melengkapi hatriknya satu menit menjelang laga usai dalam laga itu.

"Saya gembira dengan permainan semua anggota tim saya," kata pelatih Real Jose Mourinho.

Levante berterima kasih kepada Juanlu Gomez atas gol tunggalnya saat memenangkan timnya 1-0 atas bekas pemuncak klasemen Real Betis, merupakan kemenangan keempat berurutan mereka.

Tim yang baru dipromosikan Betis memenangi empat laga pertama mereka tapi Minggu tersungkur mengalami kekalahan kedua.

Atletico Madrid main imbang 0-0 dengan Sevilla, dua tim yang saling berseteru untuk mendapatkan tempat di kompetisi Liga Champions pada akhir musim ini.

Malaga berada di urutan keempat setelah tendangan bagus pada "injury time" yang dilancarkan Julio Baptista secara spektakular membuat mereka menang 3-4 atas Getafe 3-2, Sabtu.

Tim Andalusia itu, yang didukung milyarder Qatar, naik dengan mengantongi 13 poin dan unggul selisih gol atas Valencia yang mengalahkan Granada 1-0.

Dua penalti dari Tomer Hemed membuat Mallorca, dengan penjabat pelatih Miguel Angel Nadal, paman bintang tenis Rafael Nadal, yang sementara bertanggung jawb atas tim itu, imbang 2-2 di Osasuna.

Raul Garcia menyebabkan terjadi kedua gol itu lewat kirim bolanya dari tendangan pojok.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011