Karawang (ANTARA News) - Menteri Perindustrian MS Hidayat meresmikan pabrik amonium nitrat kedua milik PT Multi Nitrotama Kimia yang berlokasi di Kawasan Industri Kujang Cikampek, Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Senin.

Direktur Keuangan PT Multi Nitrotama Kimia, Rolaw P Samosir, mengatakan, pabrik amonium nitrat PT Multi Nitrotama Kimia yang kedua mulai dibangun sejak Oktober 2009 dengan investasi sebesar 69 juta dolar AS. Pembiayaan pembangunan pabrik tersebut diperoleh dari dana setoran pemegang saham, pinjaman bank dan dana internal perusahaan.

Dalam pembangunan pabrik tersebut, PT Multi Nitrotama Kimia menunjuk konsorsium PT Inti Karya Persada Tehnik, sebagai perusahaan yang melakukan konstruksi pabrik PT Multi Nitrotama Kimia kedua serta chemical dan fertilizer industry holding, sebagai konsultan enginering.

Direktur Komersial PT Multi Nitrotama Kimia, Alex Djajdisastra, mengatakan, dengan dioperasikannya pabrik PT Multi Nitrotama Kimia kedua, maka PT Multi Nitrotama Kimia memiliki dua pabrik yang berlokasi di Kawasan Industri Kujang Cikampek, di atas lahan seluas 5 hektare.

"Total kapasitas produksi dari dua pabrik amonium nitrat itu sebesar 140.000 metric ton per tahun," kata Alex dalam siaran pers, yang diterima ANTARA, di Karawang, Senin.

Selain mengembangkan produksi dan jasanya, kata dia, PT Multi Nitrotama Kimia juga terus melakukan pengembangan sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan dan persaingan usaha yang semakin ketat, dalam industri global.

PT Multi Nitrotama Kimia merupakan salah satu pemimpin pasar industri jasa pertambangan di Indonesia, terutama dalam produsen dan distribusi amoniun nitrat. Amonium nitrat itu sendiri ialah bahan baku utama yang digunakan dalam proses peledakan pertambangan.

Sementara itu, peresmian pabrik PT Multi Nitrotama Kimia itu sendiri dilakukan Menteri Perindustrian MS Hidayat, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Peresmian pabrik itu ditandai dengan menekan tombol sirine, penandatanganan prasasti, dan penandatanganan produk pertama pabrik PT Multi Nitrotama Kimia kedua.

(KR-MAK)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011