Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 66 orang dari 360 Jamaah Calon Haji Makassar lanjut usia (lansia) untuk kelompok terbang (kloter) pertama diberangkatkan melalui Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar.

"Berdasarkan laporan dan manifest jumlah jamaah calon haji lanjut usia yang diberangkatkan pada kloter pertama sekitar 66 orang dan semuanya sudah mendapat izin dari dokter Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP)," ujar ujar Humas Kantor Wilayah Kementrian Agama Sulawesi Selatan Muhammad Tonang di Makassar, Selasa.

Ia mengatakan, ke-66 jamaah calon haji (JCH) itu umumnya berusia diatas 61 hingga 80 tahun dan semua JCH berasal dari Kota Makassar.

Meskipun sudah dinyatakan lanjut usia, namun tim dokter yang memeriksa kesehatan dan memberikannya vaksin meningitis juga memperbolehkan para JCH itu berangkat dengan mendapat pendampingan intensif dari tim dokter.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dr Slamet mengatakan, semua JCH itu sudah memenuhi persyaratan untuk ikut dalam ibadaha haji.

Beberapa persyaratan umum yang dimaksudkan yakni mandiri, sudah dilakukan observasi seperti tidak mempunyai riwayat penyakit yang dapat mengancam jiwa.

"Kalaupun ada JCH yang sudah tidak sanggup lagi bergerak secara maksimal, pihak keluarga atau pendamping harus menyiapkan kursi roda untuk melakukan ibadah haji," katanya.

Selain itu, JCH juga tidak akan diberangkatkan jika mempunyai penyakit yang dapat tertular kepada JCH lainnya seperti penyakit tuberkulosis (TBC) atau penyakit kulit yang masih basah. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011