Mukomuko, Bengkulu (ANTARA News) - Wakil Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Choirul Huda, mengajak seluruh komponen masyarakat di daerah itu menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila serta selalu menjaga kebersamaan.

"Nilai-nilai luhur Pancasila perlu diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan selalu menjaga kebersamaan dalam lingkungan masyarakat," kata Choirul Huda di Mukomuko, Senin.

Usai menjadi pembina upacara mewakili Bupati Mukomuko Ichwan Yunus dalam peringatan hari Kesaktian Pancasila, Wabup mengatakan, dalam kesempatan upacara dalam rangka hari kesaktian pancasila, bisa menumbuhkan semangat kebersamaan di tengah masyarakat.

Upacara yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil itu dihadiri oleh Sekretaris Daerah BM Hafrizal, seluruh kepala dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, pejabat eselon III dan IV, serta tenaga pendidikan mulai dari guru tingkat sekolah dasar hingga guru sekolah menengah atas.

Meski pelaksanaan upacara hari Kesaktian Pancasila di daerah itu baru bisa dilakukan Senin (3/10), namun tidak mengurangi isi dan makna dari nilai-nilai luhur yang terkandung dalam pancasila.

"Tidak masalah waktu upacaranya harus dilaksanakan hari apa, yang lebih penting bagaimana dalam kesempatan hari Kesejatian Pancasila ini bisa menumbuhkan semangat kebersamaan kita sebagai warga negara," kata dia.

Ia juga berpesan supaya nilai-nilai luhur dari Pancasila tidak hanya diterapkan di lingkungan sekolah saja, tetapi di lingkungan pemerintahan dan masyarakat nilai-nilai itu jangan sampai luntur.

"Kami mengajak masyarakat menerapkan nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari agar terjalin kebersamaan," kata dia. (FTO/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011