Surabaya (ANTARA) - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak berharap didirikannya Kantor Konsulat Kehoramatan Finlandia di Surabaya mampu memperluas hubungan kerja sama antarkeduanya.

"Semoga didirikannya Kantor Konsulat Kehormatan Finlandia di Surabaya ini dapat memperluas hubungan kerja sama lebih baik dan terus bertumbuh antara Finlandia dan Provinsi Jatim di segala bidang," ujarnya saat meresmikan pembukaan Kantor Konsulat Kehormatan Finlandia di Surabaya, Jumat.

Pada kesempatan tersebut, hadir Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Jari Sinkari dan Haryanto Tanoesoedibyo sebagai Konsulat Kehormatan Finlandia yang berkedudukan di Surabaya.

Emil Dardak berterima kasih kepada Duta Besar Finlandia yang telah mempercayakan Surabaya dan Jawa Timur sebagai salah satu destinasi investasi.

"Kami ucapkan selamat kepada bapak Haryanto Tanoesoedibyo sebagai Konsul Kehormatan Finlandia, sekaligus terima kasih kepada Duta Besar Finlandia untuk Indonesia yang telah mempertimbangkan Surabaya dan Jatim sebagai salah satu destinasi investasi terbaik di Indonesia," ucapnya.

Baca juga: Wagub Jatim lepas 366 jamaah umrah di Bandara Juanda

Orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut mengaku memiliki kedekatan dengan Finlandia, terutama dengan Wali Kota Helsinki, Anni Milja Maaria Sinnemäki.

"Kami memiliki kedekatan karena pada saat terpilih dalam program Bloomberg Harvard City Leadership Initiative 2018, kami di satu kelompok," kata mantan Bupati Trenggalek tersebut.

Sementara itu, Emil Dardak yang merupakan Doktor Ekonomi Pembangunan lulusan Ritsumeikan University ini menjelaskan gambaran ekonomi Jawa Timur.

"Selama pandemi, ekonomi Jatim mengalami kontraksi. Jika dilihat secara year on year (yoy), per triwulan pertumbuhan ekonomi masih terkontraksi sebesar 2,39 persen, lalu triwulan II-2021 sudah mulai bangkit dengan tumbuh sebesar 7,05 persen," tuturnya.

"Pada pada triwulan III-2021 tumbuh sebesar 3,23 persen," kata Emil Dardak menambahkan.

Ia menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi ini didorong oleh salah satunya dari menurunnya kasus COVID-19.

"Kami berusaha menjaga dan memanfaatkan tahun ini sebagai tahun kebangkitan ekonomi seiring dengan semakin taatnya masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan dan capaian vaksinasi yang terus meningkat," tutur dia.

Emil Dardak juga menyampaikan peluang-peluang yang dapat dikerjasamakan dengan Finlandia.

"Kami meyakini Jatim dan Finlandia mampu menjadi hubungan yang baik, terutama dalam pengembangan teknologi, pendidikan dan mengurangi pengangguran," katanya.

Baca juga: Wagub Jatim: Kedaulatan pangan tercapai setelah tercipta kemandirian

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2022