Padang (ANTARA News) - Sebanyak 1.061 orang calon haji embarkasi Padang, Sumatera Barat yang tergabung dalam kelompok terbang I-III hingga Rabu telah berada di Madinah.

"Saat ini semua jamaah berada dalam kondisi yang sehat dan tengah mengikuti shalat arbain yaitu shalat wajib selama 40 waktu (delapan hari) tanpa terputus di Masjid Nabawi, kata Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang, Japeri Jarab di Padang, Rabu.

Dikatakannya, kelompok terbang (kloter) pertama embarkasi Padang merupakan jamaah calon haji Indonesia yang pertama di Arab Saudi karena diberangkatkan lebih awal pada Minggu 2 Oktober 2011 pukul 07.15 WIB dan tiba di Jeddah pukul 12.16 WIB.

Ia mengatakan saat ini suhu udara di Madinah berdasarkan infromasi terakhir tertinggi mencapai 25 derajat Celcius dan terendah 6 derajat Celcius.

Sebelumnya, telah disampaikan kepada jamaah agar mempersiapkan baju tebal mengingat suhu udara yang cukup dingin, lanjut dia.

Sementara, pada Rabu 5 Oktober 2011 dijadwalkan akan diberangkatkan jamaah sebanyak 355 orang didampingi lima petugas pendamping yang tergabung pada kloter IV dimana semuanya berasal dari Provinsi Bengkulu terdiri dari Kabupaten Bengkulu, Kabupaten Rejanglebong dan Kabupaten Kaur.

Jamaah kloter IV saat ini telah berada di Asrama Haji dan akan berangkat menuju Jeddah pada pukul 15.00 WIB menggunakan pesawat Garuda Indonesia 330 seri 300 selama tujuh jam.

Hingga keberangkatan kloter III Embarkasi Padang, sebanyak lima orang ditunda keberangkatannya, karena dua diantaranya alasan dinas serta tiga lagi akibat sakit.

Jamaah calon haji yang ditunda keberangkatannya itu yaitu Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berserta istri Ny Nevi Zuarina tergabung dalam kloter I yang melakukan mutasi ke Embarkasi DKI Jakarta karena alasan dinas.

Kemudian Nani Montesari asal kota Solok karena sakit serta Suro Dahlan Sehot bin Dahlan asal Kota Bengkulu karena menderita sakit dan harus dirawat, serta istrinya Raijah Kohar Jainah karena mendampingi suami sakit.

Total jamaah haji yang berangkat melalui embarkasi Padang pada musim haji 2011 berjumlah 7.861 terdiri dari 22 kloter, berasal dari Sumatera Barat 4.714 orang, Bengkulu 1.673 orang dan Jambi 1.354 serta petugas haji 110 orang.
(KR-IWY)

Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011