Berlin (ANTARA News) - Bank-bank harus direkapitalisasi secepat mungkin jika diperlukan, kata Kanselir Jerman Angela Merkel pada Kamis, karena meningkatnya kekhawatiran bahwa krisis utang zona euro sedang tumpah ke krisis kredit.

"Saya pikir akan ada kebutuhan yang sangat jelas (untuk rekapitalisasi) karena ini adalah uang yang aman diinvestasikan," kata Merkel, menambahkan, "Saya tidak berpikir kita harus ragu-ragu."

Akan ada "kerusakan jauh lebih besar" jika bank-bank harus diselamatkan oleh pemerintah, katanya, lapor AFP.

"Tetapi langkah pertama bagi bank adalah untuk merekapitalisasi dirinya sendiri," tegas dia.

Kemudian, katanya dana bailout (dana talangan) Uni Eropa, EFSF, bisa langkah untuk memberikan lebih banyak uang ke bank-bank tetapi "hanya dalam kondisi sangat yakin ... dan hanya jika euro secara keseluruhan menjadi terancam."

"Saya ingin mengingatkan bahwa EFSF adalah fasilitas yang berfungsi untuk memberikan bantuan pada suatu titik waktu ketika sebuah negara akan mengancam stabilitas euro dan zona euro secara keseluruhan," kata kanselir.

Merkel berbicara pada sebuah konferensi pers bersama dengan kepala Dana Moneter Internasional, Bank Dunia dan Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan.  (A026/A011)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011