Jakarta (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta meraih penghargaan pada kompetensi kehumasan tingkat nasional dalam "Public Relations Award 2022".

"Alhamdulillah kami mengukir prestasi selama tiga tahun pada 2020, 2021 dan 2022," Kata Kepala DPMPTSP DKI Jakarta, Benni Aguscandra, di Jakarta, Senin.

Benni Aguscandra menjelaskan, berbagai program komunikasi masyarakat terpadu dan penyuluhan dihadirkan oleh DPMPTSP Jakarta, dengan menggunakan pendekatan kehumasan atau komunikasi masyarakat strategis, melalui saluran komunikasi yang dikemas secara kreatif sehingga menarik minat masyarakat.

"Masyarakat ikut menggali informasi lebih mendalam seputar kebijakan, inovasi, dan layanan melalui kampanye publik 'urus izin sendiri itu mudah'," katanya.

Benni berharap, program itu mengubah stigma birokrasi yang rumit menjadi lebih sederhana dan sekaligus turut membangun kesadaran dan perubahan perilaku masyarakat, agar mengurus perizinan dan nonperizinan tanpa menggunakan pihak ketiga.

"Sejatinya pelayanan publik yang prima merupakan kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara, urus izin sendiri itu mudah," imbuh Benni.

Pada ajang tersebut, DPMPTSP DKI meraih tiga penghargaan yang berbasis penjurian dan merupakan peraih penghargaan terbanyak untuk kategori pemerintah provinsi.

Penghargaan itu yakni pembawa acara terbaik diraih Pranata Humas Ahli Muda-Subkoordinator Urusan Penyuluhan, Rinaldi.

Kemudian, medali emas untuk Subkategori Departemen PR untuk kinerja penyuluhan/komunikasi masyarakat bidang penyuluhan dan pengaduan DPMPTSP DKI Jakarta.

Selanjutnya, medali perunggu untuk kanal digital Subkategori Website-Sistem pendukung perizinan/nonperizinan di Jakarta melalui website jakevo.jakarta.go.id.

Sementara itu, Pranata Humas Ahli Muda, Subkoordinator Urusan Penyuluhan DPMPTSP DKI Jakarta, Rinaldi, mengatakan, integrasi dan kolaborasi merupakan kunci keberhasilan dalam menjalankan berbagai kebijakan dan program kerja pemerintah.

Rinaldi meraih penghargaan sebagai pembawa acara terbaik selama tiga kali berturut-turut pada 2020, 2021 dan 2022.

Pihaknya gencar menjalin relasi dengan sejumlah pihak untuk program komunikasi masyarakat mulai dari pemohon, instansi/lembaga pemerintah, pengamat kebijakan publik, para pakar, pengusaha, seniman serta para tokoh masyarakat.

"Kolaborasi dan integrasi menjadi hal yang penting agar kita dapat saling berbagi gagasan dan wawasan, menyampaikan pesan yang terpadu, memunculkan inovasi- inovasi baru untuk meningkatkan pelayanan publik," katanya.

Baca juga: Jakarta sabet sembilan penghargaan dalam ajang PRIA
Baca juga: DPMPTSP DKI hadirkan layanan perizinan di mal
Baca juga: Lebih 5.000 warga ajukan permohonan SIKM

 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Riza Harahap
COPYRIGHT © ANTARA 2022