Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala Dallas Mavericks Jason Kidd tidak mau membesar-besarkan kemenangan 114-100 yang diraih timnya atas Utah Jazz dalam laga NBA Senin pagi WIB tadi.

Bila menilik posisi kedua tim yang kerap berada pada urutan keempat dan kelima Wilayah Barat NBA, pertandingan kali ini tak ubahnya cuplikan playoff putaran pertama nanti.

Namun Kidd tidak mau menganggap demikian, terlebih ia tidak bisa mengabaikan kenyataan bahwa dalam pertandingan kali ini roster Jazz tidak berada dalam kondisi prima.

"Sebagian besar tim mereka tidak bermain, jadi Anda tidak bisa menilai apapun," kata Kidd selepas pertandingan seperti dikutip laman NBA, Senin.

Rudy Gobert absen hanya beberapa jam sebelum laga mulai karena cedera kaki kanan, kemudian bigman Jazz lainnya Hassan Whiteside juga menepi untuk dua pertandingan berturut-turut karena masalah pada kaki kanannya.

Jazz juga untuk sembilan dalam 10 pertandingan terakhir tak diperkuat Bojan Bogdanovic yang masih bergulat dengan cedera betis kanan, sementara bintang utama Donovan Mitchell sempat menepi terpincang-pincang dalam kuarter ketiga karena terjatuh tak sempurna.

Kidd bahkan membandingkan dengan situasi lawannya sama seperti yang dialami timnya sendiri ketika melawat ke markas Jazz dengan separuh roster Mavericks terpaksa absen karena cedera atau protokol COVID-19.

Baca juga: Kyrie Irving akui "comeback" kandangnya tak sesuai harapan

"Pada pertandingan Natal di sana kami berangkat tanpa separuh tim. Pada akhirnya Anda baru bisa menilai ini ketika playoff dimulai. Ini bukan gim playoff. Tak satu pun dari kami unggul 1-0 dari gim ini," ujar Kidd.

Di tengah absennya banyak pemain Jazz, Luka Doncic menjadi bintang kemenangan Mavericks dengan 32 poin dan 10 rebound.

Sejak Doncic tiba, Mavericks belum pernah merasakan finis empat besar klasemen atau memperoleh keunggulan jumlah laga kandang pada fase playoff, tapi kemenangan kali ini mendekatkan mereka merebut kesempatan itu.

"Itu yang kami inginkan, tapi jalan masih panjang. Kami masih harus bisa menjaga ketenangan, fokus untuk lawan berikutnya dan berusaha memenangi setiap gim," kata Doncic.

Kemenangan mengantarkan Mavericks bertukar tempat dengan Jazz dalam klasemen Wilayah Barat. Mavericks menduduki peringkat keempat dengan catatan menang kalah 46-29, unggul satu gim dari Jazz (45-30).

Kedua tim yang bertemu empat kali musim ini imbang 2-2 secara head-to-head dan mereka sama-sama menyisakan tujuh pertandingan dalam musim reguler ini.

Rabu pagi WIB lusa Mavericks akan menjamu Los Angeles Lakers dan Jazz menutup tur enam gim tandang mereka di markas Los Angeles Clippers.

Baca juga: James paksakan diri terus main saat Lakers takluk di New Orleans

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2022