Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) pada 26 April 2022 akan diperingati dengan latihan evakuasi hingga sarasehan masyarakat di sekitar Gunung Merapi.

Direktur Kesiapsiagaan Bencana BNPB Pangarso dalam peluncuran HKB 2022 secara daring diikuti di Jakarta, Senin, mengatakan tujuan dari HKB 2022 adalah meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana dengan cara membangun partisipasi semua pihak.

Selain itu sehubungan dengan sub-tema yakni "Keluarga Tangguh Bencana, Pilar Bangsa Menghadapi Bencana," Pangarso mengatakan tujuan acara tersebut juga meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan bencana seluruh lapisan masyarakat di masa pandemi COVID-19 menuju keluarga tangguh bencana.

Baca juga: BNPB luncurkan HKB 2022, tekankan tema keluarga tangguh bencana

Ketiga, sasaran dari acara tersebut adalah agar orang yang tinggal di Indonesia selamat dari bencana dan bagaimana strateginya. Keberhasilan tersebut ditentukan oleh sosialisasi dan kampanye.

"Pelaksanaan kegiatan bukan seremonial seperti yang dibilang Bu Deputi. Tetapi upaya untuk memperkuat kesiapsiagaan menuju ketangguhan keluarga," kata dia.

Adapun pelaksanaannya melibatkan pelatihan evakuasi mandiri pada jam 10.00 di seluruh Indonesia, terutama di Graha BNPB Jakarta dan Pusdiklat BNPB Ina DRTG di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Cilacap jadi tuan rumah peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana 2021

Berbagai kegiatan talkshow yang akan dilakukan selama 4 kali dalam satu bulan, secara hibrid dan tiap pekan.

Selanjutnya akan ada bimbingan teknis kepada penyuluh Keluarga Tangguh Berencana (KATANA) yang akan dilaksanakan minggu pertama dan kedua bulan April 2022, dengan melibatkan elemen masyarakat penyandang disabilitas.

Kemudian BNPB akan melakukan "roadshow" sebagai bentuk sosialisasi peringatan hari kesiapsiagaan bencana, mulai dari kantor kementerian/lembaga hingga media pada akhir Maret sampai minggu kedua April 2022.

Baca juga: BNPB verifikasi kebutuhan rehab-rekon pascabencana

Selain itu, puncak peringatan HKB kami laksanakan pada tanggal 26 April direncanakan akan diselenggarakan semacam sarasehan masyarakat gunung di kawasan Gunung Merapi di Provinsi Jawa Tengah dan provinsi DIY. Empat Kabupaten yaitu Kabupaten Sleman, Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten terlibat dalam acara ini.

"Kami mengundang teman-teman dan masyarakat gunung di Indonesia ke Merapi dan mendiskusikan bagaimana penanganan dan penguatan masyarakat sekitar gunung api," kata dia.

Terakhir, selain ada penanaman vegetasi, Pangarso juga mengatakan ada konser pengurangan risiko bencana sebagai bentuk sosialisasi yang lain yang dilakukan pada acara Puncak HKB 2022.

Baca juga: Kasatgas COVID-19 minta Batam-Bintan antisipasi usai karantina dihapus

Baca juga: BPBD Trenggalek imbau warga waspada tanah bergerak pemicu longsor



 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2022