Banda Aceh (ANTARA News) - Jamaah calon haji asal Aceh yang tergabung dalam kelompok terbang delapan akan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar menuju Arab Saudi dengan menggunakan dua pesawat terbang.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) Embarkasi Banda Aceh, Juniazi, di Banda Aceh, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya akan memberangkatkan sebanyak 780 orang calon haji dengan menggunakan dua pesawat terbang milik maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Disebutkannya, kedua rombongan calon haji (Calhaj) tersebut akan diberangkatkan dengan menggunakan Boeing 747 400 kapasitas 455 penumpang dan Boeing 767 kapasitas 325 penumpang.

Kloter delapan A yang berjumlah sebanyak 455 orang asal Lhokseumawe, Banda Aceh dan Simeulue akan diberangkatkan dari Aceh menuju Arab Saudi pada Minggu (9/10) sekitar pukul 08.00 WIB.

Sementara Kloter delapan yang berjumlah 325 orang asal Aceh Utara, Banda Aceh, Aceh Jaya dan Aceh Besar akan diberangkatkan pada pukul 0.15 WIB.

"Artinya, Embarkasi Banda Aceh akan memberangkatkan dua kali dalam sehari. Ini merupakan kali pertama Aceh memberangkatkan rombongan Calhaj dalam hari yang sama," katanya.

Dijelaskannya, pihaknya telah siap untuk memberangkatkan kedua Kloter yang dijawalkan akan masuk asrama pada Sabtu (8/10) dan bertolak dari Bandara Internasional SIM pada Minggu.

"Kami pastikan seluruh Calhaj akan mendapat pelayanan yang sama, karena fasilitas yang tersedia di Asrama Haji Embarkasi Banda Aceh sanggup menampung 1.000 orang," katanya.

Pada musim haji 2011, Embarkasi Banda Aceh memberangkatkan sebanyak 4.803 calhaj yang tergabung dalam 14 kelompok terbang (Kloter). Seluruh calhaj tersebut akan diterbangkan melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar.

(T.KR-IFL*BDA1/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011