Banda Aceh (ANTARA News) - Pihak maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengirimkan sebanyak 1.112 tas untuk memenuhi kebutuhan calon jamaah haji (calhaj) tambahan asal Provinsi Aceh.

"Alhamdulillah, Garuda telah mengirim sisa koper, tas tentengan dan paspor untuk calhaj tambahan yang diberikan Pemerintah Pusat pada musim haji 2011," kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Banda Aceh, Juniazi, Sabtu.

Hal tersebut disampaikan terkait adanya kekhawatiran calhaj yang belum menerima tas yang diberikan pihak penerbangan guna memasukkan seluruh perlengkapan calhaj yang akan bertolak ke Tanah Suci.

Dijelaskannya, calhaj tambahan asal provinsi ujung paling barat Indonesia itu sempat khawatir karena waktu pemberangkatan sudah dekat namun tas untuk mengisi berbagai perlengkapan seperti tas paspor belum ada.

"Kami berharap calhaj tidak usah khawatir lagi karena tas yang diberikan untuk mengisi berbagai perlengkapan sudah dikirim dan dalam waktu dekat akan dibagikan," katanya.

Pada musim haji 2011, Pemerintah Pusat memberikan tambahan kuota untuk Aceh sebanyak 1.152 orang, namun yang berhasil berangkat sebanyak 900 orang karena terbatasnya waktu pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) yang diberikan.

Dikatakannya, jumlah calhaj Embarkasi Banda Aceh yang berangkat pada musim haji 1432 Hijriah itu sebanyak 4.803 orang yang tergabung dalam 14 kelompok terbang terdiri dari 1.937 laki-laki dan 2.866 perempuan.

Ia menambahkan, jumlah calhaj yang berangkat ke Arab Saudi pada musim haji 2011 itu mengalami peningkatan sebanyak 931 orang dari kuota tetap yang diberikan Pemerintah Pusat sebanyak 3.924 orang setiap tahunnya.

Ia mengatakan seluruh calhaj tersebut akan diberangkatkan melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Kabupaten Aceh Besar menuju Tanah Suci.
(T.KR-IFL/H011)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011