Palembang (ANTARA News) - Petenis unggulan pertama asal Prancis, Iryna Bremond, akhirnya berhasil menjuarai turnamen Garuda Indonesia Championships di Palembang, Sumatera Selatan, 3-9 Oktober 2011.

Bremond mengalahkan petenis unggulan keempat asal Indonesia, Ayu Fani Damayanti, 6-2, 6-3, pada partai final tunggal putri, di Stadion Tenis Bukit Asam Jakabaring Palembang, Minggu siang.

Pada game-game awal set pertama, terjadi pertarungan sengit untuk memperebutkan poin di antara keduanya.

Namun, kepiawaian Bremond dalam penempatan bola tak mampu diimbangi oleh Ayu Fani yang tercatat hanya berperingkat 260 ITF (International Tenis Federation) itu.

Meskipun sempat memberikan perlawanan dengan terjadinya beberapa kali duece pada game kelima dan keenam, tapi akhirnya set pertama ditutup dengan mudah oleh Bremond untuk kemenangannya dengan skor 6-2.

Mengawali set kedua, Ayu berusaha kembali memberikan perlawanan dan berhasil merebut set pertama 1-0.

Pertarungan sengit terjadi pada game kedua, setelah Bremond berulangkali melakukan kesalahan sendiri.

Ayu yang berupaya merebut game itu berupaya memaksimalkan keadaan, setelah sempat terjadi lima kali duece. Namun, perlawanan Ayu berhasil dihalau Bremond dan game ini berakhir dengan skor 1-1.

Pada game ketiga dan keempat, Ayu kembali tertinggal dengan skor 3-1.

Perebutan poin kembali terjadi pada game ke delapan, setelah Bremond sempat memimpin pada game ke tujuh dengan skor 4-3.

Bremond yang mendominasi permainan sejak set kedua dengan mengandalkan pukulan-pukulan keras, semakin tidak dapat dikendalikan Ayu. Skor pada game ke delapan berakhir 5-3 untuk keunggulan Bremond.

Pada game ke sembilan kembali terjadi pertarungan sengit antara dua petenis itu.

Ayu yang tidak mau menyerah begitu saja, dan berusaha menahan laju Bremond yang ingin segera mengakhiri pertandingan.

Bremond yang mengalami luka pada lutut kanan karena terjatuh, berupaya memberikan perlawanan.

Akhirnya, pertandingan set kedua itu dimenangkan Bremond dengan skor 6-3.

Berdasarkan hasil itu Bremond berhak atas hadiah 2.940 ribu dolar AS, sedangkan peringkat dua Ayu Fani Damayanti mendapatkan 1.666 dolar AS.

"Saya akan datang lagi ke Palembang pada tahun depan untuk mempertahankan gelar, dan semoga Sumsel sukses dalam menggelar SEA Games," ujar Bremond.

Pada semifinal Bremond mengalahkan unggulan ke-7 L Kumkhum asal Thailand, dengan skor 6-1, 6-2.

Pada perempat final menaklukkan petenis Indonesia Lavinia Tananta 6-1, 6-0, sedangkan di perdelapan final menahan Yana Sizukova 6-3, 6-1

Usai pertandingan, Ayu mengaku, tidak dapat mengimbangi permainan Bremond, karena fisiknya sudah terkuras pada semifinal tunggal putri dan ganda putri, Sabtu (8/10) kemarin.

"Kondisi cuaca yang panas semakin membuat fisik saya terkuras, apalagi lawan memang berada di atas saya secara kualitas," ujar petenis asal Bali ini lagi.

(ANT-037/B014)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011