Suzuka, Jepang (ANTARA News/AFP) - Pembalap Jerman Sebastian Vettel menjadi pembalap termuda dalam sejarah balap mobil Formula Satu yang mampu mempertahankan gelar juara dunia setelah menempati peringkat ketiga di GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu.

Vettel berada dibelakang pembalap Inggris Jenson Button dan pembalap Spanyol Fernando Alonso yang masing-masing berada di urutan pertama dan kedua.

Vettel, pembalap tim Red Bull berusia 24 tahun itu, sebenarnya hanya membutuhkan satu nilai lagi untuk meraih gelar juara, sekaligus menyusul sukses pendahulunya Juan Manuel Fangio, Ayrton Senna dan Michael Schumacher yang sebelumnya juga pembalap termuda yang berhasil mempertahankan gelar juara.

Seusai lomba, Vettel langsung berlari menuju kerumuman para mekanik timnya untuk merayakan sukses sebagai juara dunia, meski musim 2011 masih menyisakan empat lomba lagi.

Sukses tersebut tidak lepas dari prestasinya mendominasi lomba sepanjang 2011 dengan merebut sembilan gelar juara dari 15 lomba yang diikutinya.

Dengan usia 24 tahun dan 98 hari, Vettel memecahkan rekor para pembalap sebelumnya sebagai juara dunia termuda, yaitu Alberto Ascari, Fangio, Jack Brabham, Alain Prost, Senna, Schumacher, Mika

Hakkinen dan Fernando Alonso.

Juara GP Jepang diraih oleh Jenson Button, pembalap Inggris yang berhasil menyalip Vettel pada lap ke-21. Bagi Button, gelar juara tersebut adalah yang ketiga tahun ini, atau yang ke-12 sepanjang karirnya.

Button, pembalap yang membela Tim McLaren tersebut, mengungguli pembalap Spanyol Fernando Alonso (Ferrari) dengan selisih hanya 1,1 detik.

Pembalap Australia Mark Webber yang juga membela Red Bull, berada di peringkat keempat, terpaut delapan detik dibelakang Veteel, sementara pembalap Inggris Lewis Hamilton (McLaren) berada di peringkat kellima.

Hamilton kembali menimbulkan kontroversi ketika bertabrakan dengan Felipe Massa (Ferrari).

Pembalap veteran Michael Scumacher yang kali ini membela Mercedes, berada di urutan keenam, setelah sebelumnya sempat memimpin lomba setelah memasuki pit untuk terakhir kalinya.

Dengan empat lomba tersisa pada musim 2011, Vettel sudah mengumpulkan nilai 324 dan tidak mungkin terkejar lagi oleh pesaingnya.

(A032)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011