Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta agar pelayanan yang dilakukan oleh Badan Layanan Umum (BLU) dapat menciptakan spillover atau efek berkelanjutan bagi perekonomian dalam negeri.

“Gunakan produksi dalam negeri, ciptakan spillover linkage kepada ekonomi dalam negeri sehingga ekonomi kita berkembang,” katanya dalam Rapat Koordinasi BLU 2022 di Jakarta, Rabu.

Sri Mulyani menuturkan salah satu upaya yang bisa dilakukan BLU agar menciptakan spillover bagi perekonomian adalah dengan menggunakan produk dalam negeri pada setiap pengembangan layanannya.

Baca juga: Kemenkeu: BLU dukung peningkatan kesejahteraan masyarakat

Ia mencontohkan, BLU pendidikan perlu mengembangkan dan melakukan inovasi terhadap kualitas fasilitas dan pelayanan pendidikan di Indonesia.

Reformasi terhadap sarana dan prasarana pendidikan tersebut dapat dilakukan oleh BLU bidang pendidikan dengan memanfaatkan barang-barang produksi luar negeri.

Hal tersebut juga berlaku bagi BLU lainnya seperti BLU bidang kesehatan yang masih perlu untuk terus meningkatkan fasilitas kesehatan terutama dalam menghadapi masa pandemi COVID-19.

BLU bidang kesehatan harus memperbaiki tata kelola rumah sakit BLU termasuk terkait pengadaan alat kesehatan yang seharusnya bisa melibatkan industri nasional.

Baca juga: Kemenkeu: Pendapatan BLU tumbuh 80,85 persen pada 2021

Menurutnya, produksi alat kesehatan dalam negeri tidak kalah dari sisi kualitasnya dengan produksi luar negeri sehingga BLU bidang kesehatan harus memanfaatkan hal itu.

Meski melibatkan industri nasional, Sri Mulyani mengingatkan jangan ada korupsi maupun konflik kepentingan mengingat alat-alat kesehatan penting bagi pelayanan kesehatan masyarakat.

“Kalau para pengelola BLU di bidang kesehatan terus menjaga integritas maka kira bisa membangun RS yang baik dengan alat kesehatan produksi dalam negeri,” tegasnya.

Sri Mulyani menjelaskan pemanfaatan produk dalam negeri tidak hanya akan memperbaiki pelayanan pendidikan dan kesehatan melainkan juga dapat menciptakan kesejahteraan masyarakat.

Pengadaan alat-alat kesehatan dan pendidikan akan memunculkan banyak kesempatan kerja baru sehingga ekonomi dalam negeri dapat terus berputar.

“Peranan BLU kita sangat penting. Jangan business as usual. Kalau Anda membelanjakan dalam negeri, berapa kesempatan kerja tercipta di dalam negeri,” kata Sri Mulyani.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022