Jakarta (ANTARA News) - La Liga Spanyol boleh punya klub-klub spektakuler seperti Barcelona dan Real Madrid atau dihuni para superstar bola seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, tapi yang paling banyak ditonton manusia sejagat tetaplah Liga Premier Inggris.

Penemuan terbaru dari konsultan riset bisnis olah raga, SPORT+MARKT, menegaskan bahwa Liga Premier Barclays adalah salah satu liga  dunia yang paling digemari.

Bayangkan, pertandingan-pertandingan di liga ini ditaksir ditonton oleh 1,46 miliar orang atau 70 persen dari total penggemar sepak bola seluruh dunia yang diperkirakan mencapai 2,08 miliar pasang mata.

Dari data Sponsoring21+ yang melakukan penelitian mendalam soal sepakbola, 615 juta orang adalah pendukung salah satu dari 20 klub yang menghuni Liga Utama Inggris.

Di dalam negerinya sendiri, Inggris, Liga Premier menjadi kekuatan penggerak.  Lihat saja, dari 21,4 juta penggila bola di negeri itu, 92 persen diantaranya aktif mengikuti Liga Inggris.

Tak hanya di Inggris, Liga Premier juga sangat digemari di China di mana 64 persen pecinta bola di negeri ini, tak pernah ketinggalan menonton pertandingan-pertandingan di Liga Inggris.  Demikian juga dengan masyarakat sepakbola Amerika Serikat.

Musim kompetisi lalu, liputan televisi untuk liga ini menghampiri 643 juta rumah tangga di seluruh dunia, atau naik 11 persen dari 580 juta di musim 2009/2010.

Para analis SPORT+MARKT's memperkirakan total kumulatif pemirsa yang menyaksikan Liga Inggris dari rumah mencapai 3,9 miliar dari 2,9 miliar pada priode sebelumnya.

Jika itu ditambahkan dengan 777 juta orang yang menonton di luar rumah, maka total pasang mata yang menonton Liga Inggris adalahb 4,7 miliar. (*)

premierleague.com/Sari

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011