Jakarta (ANTARA) - Antonio Conte dianugerahi penghargaan Panchina d'Oro Italia untuk keempat kali selama kariernya setelah memimpin Inter Milan meraih gelar Serie A pertamanya dalam 11 musim terakhir, kata Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) seperti dikutip Reuters, Jumat.

Panchina d'Oro (Golden Bench) diberikan kepada pelatih terbaik dalam setiap liga sepak bola profesional Italia oleh dewan juri dari sesama pelatih. Bos Juventus Massimiliano Allegri adalah satu-satunya pelatih yang memenangi penghargaan Panchina d'Oro yang sama banyaknya dengan Conte.

Namun Conte yang kini melatih Tottenham Hotspur total sudah enam kali mendapatkan penghargaan pelatih terbaik FA Italia atau yang terbanyak di Italia.

Baca juga: Conte puas penampilan apik Tottenham saat kalahkan West Ham

Dia juga mendapatkan satu anugerah Panchina d'Argento (Silver Bench) pada 2008-2009 sewaktu menangani Bari dan penghargaan khusus memimpin Chelsea meraih gelar Liga Premier musim 2016-2017.

"Antonio Conte pantas mendapatkan penghargaan ini karena dalam waktu singkat dia mampu menularkan mentalitas dan filosofinya kepada pemain," kata Demetrio Albertini, presiden Sektor Teknis. "Dia sangat puas idenya dipraktikkan di lapangan."

Gelar liga terakhir Inter sebelum musim 2020-2021 didapatkan pada 2010 ketika mereka menjadi klub Italia pertama yang meraih treble saat diasuh Jose Mourinho.

Kemenangan Scudetto musim lalu juga mengakhiri sembilan tahun Juventus juara liga.

Conte yang mengakhiri kontraknya dengan Inter tak lama setelah memimpin klub ini menjuarai liga tahun lalu, menggantikan Nuno Espirito Santo melatih Spurs pada November.

Baca juga: Juventus konfirmasi berpisah dengan Paulo Dybala pada akhir musim
Baca juga: Inter dan Milan bersaing untuk dapatkan Eljif Elmas dari Napoli

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022