Sydney (ANTARA News/AFP) - Satu pesawat yang membawa 32 orang jatuh di dekat pantai Papua Nugini (PNG), kata beberapa pejabat Kamis, dan saksi mata melaporkan hanya empat orang di pesawat itu selamat.

Airlines PNG Dash-8 sedang terbang dari kota gerbang di gunung, Lae, menuju pantai Madang, ketika mengalami kecelakaan sekitar pukul 17:00 waktu setempat (15:00 WIB), dan menewaskan sejumlah orang di dalamnya, kata Komisi Penyelidikan Kecelakaan.

"Telah terjadi kecelakaan pesawat di sini, yang melibatkan Airlines of Papua New Guinea," kata penyelidik AIC Sid O`Toole kepada AFP --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Kamis malam.

"Ada 32 orang di dalam pesawat tersebut dan ada beberapa penyintas dan beberapa korban jiwa," katanya.

O`Toole mengatakan telah terjadi "gangguan cuaca di sekitar daerah itu saat kecelakaan" tapi ia tak bisa mengkonfirmasi laporan saksi mata mengenai topan mendadak dan kuat sebelum kecelakaan, 20 kilometer di sebelah selatan Madang di dekat mulut sungai Gogol.

Kebanyakan orang di dalam pesawat tersebut diduga adalah keluarga dari pelajar setempat yang dijadwalkan melaksanakan acara kelulusan pada akhir pekan ini dan hanya empat orang diduga telah selamat, demikian laporan media. Laporan tersebut juga mengutip keterangan saksi mata yang melihat kobaran api.

Lokasi kecelakaan di daratan telah ditutup oleh polisi dan beberapa ambulans telah tiba di lokasi. Sementara itu, petugas rumah sakit dan dinas darurat telah siaga dan seorang penyelidik kecelakaan udara sudah berada di tempat kecelakaan di Madang, kata O`Toole.

Para pejabat dari dinas kecelakaan angkutan Australia juga telah dihubungi untuk diminta bantuan, tambah O`Toole.

(Uu.C003)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011