Banjarmasin (ANTARA) - PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) yang bergerak di bidang pertambangan batu bara di Provinsi Kalimantan Selatan berhasil meraih dua penghargaan pada ajang TOP CSR Award 2022, yakni, TOP Leader on CSR Commitment 2022.

"Penghargaan diterima langsung Direktur Utama PT Adaro Energy Indonesia Tbk Garibaldi Thohir di Hotel Raffles Jakarta, pada 30 Maret lalu," ujar Ketua Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) Adjie Sapta dalam rilis berita yang disampaikan, Sabtu.

Menurut dia, rekognisi dan penghargaan dari pihak ke-3 melalui media Top CSR Award bukanlah merupakan tujuan utama CSR PT Adaro Energy Indonesia Tbk, tetapi dengan adanya rekognisi dan penghargaan ini Adaro menyadari sudah berada di jalur yang benar alias "do on the right track" dalam kegiatan CSR.

Dia mengatakan visi, misi dan strategi CSR PT Adaro Energy Indonesia Tbk telah diterapkan dengan baik di lapangan untuk kepentingan dari para penerima manfaat dan seluruh stakeholder lainnya.

Penghargaan Top CSR Awards 2022 bertema "Being a Responsible Company is the Key Strategy for Business Sustainable Growth" dengan artian menjadi perusahaan yang bertanggungjawab, merupakan kunci strategi untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Top CSR Awards diselenggarakan setiap tahun oleh Majalah Top Business, yang bekerja sama dengan sejumlah institusi seperti Perkumpulan Profesional Governansi Indonesia (PaGI), Asosiasi GRC Indonesia, Corebest (lembaga konsultan dan pelatihan CSR).

Selanjutnya, LKN (Lembaga Kajian Nawacita), Yayasan Pakem (Yayasan Pengembangan Keuangan Mikro), SDP (PT Sinergi Daya Prima/konsultan GCG), SGL Management (Konsultan Manajemen dan Bisnis), Solusi Kinerja Bisnis (SKB).

Tahun ini TOP CSR memiliki 850 perusahaan di Indonesia sebagai kandidat pemenang dan dari sebanyak 200 perusahaan yang mengikuti penilaian, 160 perusahaan mengikuti secara lengkap dan Adaro terpilih menjadi salah satu pemenang terbaik dengan predikat Star 5.

Selain penilaian yang berkaitan dengan ketentuan ISO 26000 dan aspek lingkungan, juga memperhatikan aspek CSV (Creating Shared Value) dan keselarasan CSR untuk mendukung bisnis perusahaan agar tumbuh berkelanjutan.

Penilaian dalam Top CSR Awards, tidak hanya melibatkan pakar dan konsultan CSR namun menyertakan konsultan dan asosiasi bisnis, serta menimbang tata kelola perusahaan, termasuk dari pasar modal dan lembaga pembiayaan.

Sehingga keberhasilan CSR dapat dinilai dan dilihat lebih komprehensif, dari sudut pandang (bisnis) yang lebih luas.

Top CSR Awards bukan hanya sekedar kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan semata, namun di dalamnya ada banyak proses pembelajaran bersama untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas CSR perusahaan.

Apresiasi yang diberikan TOP CSR Award kepada Adaro untuk yang kedua kalinya ini secara berturut-turut menunjukkan Adaro telah banyak berkontribusi dalam segala bidang yang dinilai dan melebihi ekspektasi dewan juri.

Apresiasi ini menambah pembelajaran serta motivasi yang lebih tinggi lagi bagi Adaro dalam melaksanakan visi misi dan strategi CSR ke depannya.

Baca juga: Kembangkan ekonomi hijau, bos Adaro raih "Bussinessperson of The Year"

Baca juga: Jaga listrik tak padam, Adaro cs pasok 3,2 juta ton batu bara ke PLN


Pewarta: Sukarli
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022