Samarinda (ANTARA News) - Penerbangan ke Kota Tarakan, Kalimantan Timur, sempat terganggu akibat landas pacu Bandara Juwata amblas. Banyak penerbangan terganggu jadualnya akibat jalur pacu itu amblas.

"Pada tiket, jadwal penerbangan sekitar pukul 10. 55 WITA namun pesawat Lion Air yang akan saya tumpangi ke Balikpapan baru berangkat pada Kamis malam (13/10) sekitar pukul 17. 05 WITA," ungkap salah seorang pemakai jasa maskapai Lion Air, Hasan Basri, di Samarinda, Jumat.

Amblasnya landas pacu Bandara Juwata Tarakan itu kata dia juga sempat membatalkan penerbangan Sriwijaya Air.

"Para penumpang Sriwijaya Air yang sudah memasukkan barangnya ke bagasi diminta kembali mengambilnya dan saya juga mendengar satu jadwal penerbagan pada Kamis sore dibatalkan," katanya.

"Bahkan pesawat Lion Air yang sempat saya tumpangi sudah sempat akan mendarat namun karena landas pacu amblas pesawat itu akhirnya kembali ke Balikpapan," katanya.

Walaupun sempat amblas, Bandara Juwata yang memiliki panjang landas pacu 2.250 meter dan lebar 45 meter kata dia tetap bisa didarati Susy Air dan KalStar.

"Pesawat kecil seperti Susy Air dan KalStar tetap terlihat bisa mendarat dan terbang tetapi pesawat besar terhenti hingga hampir satu hari," kata Hasan Basri.

Bandara terbesar di bagian Utara Kalimantan Timur tersebut memiliki aktivitas yang cukup tinggi untuk mengangkut penumpang ke beberapa kabupaten diantaranya, Kabupaten Nunukan, Malinau dan Bulungan dengan volume penumpang 1. 000 hingga 2. 500 per hari.

"Tidak ada pemeritahuan secara resmi kepada para penumpang terkait amblasnya landas pacu hingga menyebabkan tertundanya penerbangan hingga sembilan jam," ungkap Hasan Basri.  (ANT)





Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2011