New York (ANTARA News) - Euro menguat tajam terhadap dolar pada Jumat waktu setempat (Sabtu pagi WIB), karena pertemuan pimpinan keuangan G20 di Paris meningkatkan harapan untuk sebuah resolusi krisis utang zona euro yang mengancam ekonomi global.

Euro berada di 1,3881 dolar sekitar 21.00 GMT (Sabtu 04.00 WIB), naik dari 1,3783 dolar pada saat yang sama Kamis.

Mata uang Jepang defensif, dengan euro maju ke 107,17 yen dari 105,92 yen akhir Kamis, rebound ke tingkat tertinggi 9 September. Dolar naik menjadi 77,21 yen dari 76,85 yen.

Menteri keuangan dan gubernur bank sentral dari Kelompok 20 ekonomi besar memulai pertemuan dua hari pada Jumat di ibukota Prancis untuk membahas bagaimana mengatasi krisis utang negara zona euro dan pertumbuhan ekonomi global yang melambat, lapor AFP.

"Pertemuan antara para pejabat keuangan global di Paris telah meningkatkan optimisme bahwa rencana kredibel mungkin sedang dalam perencanaan, akhirnya tanda bahwa pasar akan memiliki indikasi yang jelas tentang apa yang terjadi," kata Christopher Vecchio, seorang analis di DailyFX.

Kathy Lien di GFT mencatat "seminggu besar" di pasar keuangan dengan saham AS naik ke tertinggi satu bulan setelah jatuh ke terendah satu tahun rendah pada awal Oktober.

"Karena fungsi dari peningkatan selera risiko, investor telah bergerak mengeluarkan uang dari `safe haven` dolar AS dan kembali ke mata uang berimbal hasil lebih tinggi," katanya.

Dolar tergelincir terhadap mata uang Swiss, menjadi 0,8919 franc dari 0,8976 franc akhir Kamis.

Unit AS juga melemah terhadap pound Inggris, yang diperdagangkan di 1,5832 dolar dibandingkan dengan 1,5772 dolar sehari sebelumnya. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011