Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi peluncuran aplikasi ISGroup Consulting yang memudahkan para pelaku bisnis dalam menjalankan usaha.

"Selamat atas soft launching ISGroup Consulting, aplikasi yang berbasis digital. Ini beriringan dengan di Kemenparekraf yang juga ada bagian digitalisasinya," ucap Sandiaga dalam rilis pers, dikutip Senin.

Aplikasi tersebut diluncurkan oleh perusahaan rintisan PT Indonesia Sejahtera Grup (ISG) di Jakarta, Minggu (3/4). Melalui aplikasi tersebut, para pelanggan bisa berkonsultasi secara daring perihal layanan perizinan usaha, ekspor dan impor, hingga jasa pengiriman forwarder serta logistik.

Selain itu, terdapat sejumlah fitur yang memudahkan pelanggan, salah satunya adalah live tracking. Fitur tersebut menjadi salah satu keunggulan yang dapat memudahkan pengguna mengecek dokumen yang telah diproses oleh ISGroup Consulting tanpa harus mengunduh aplikasi lainnya.

"Dengan adanya digitalisasi konsultan di bidang perizinan, ekspor, impor, pajak, finance, yang dapat diakses pada playstore 'ISGroup Consulting' akan memudahkan para pelaku bisnis di seluruh daerah untuk bisa mengurus kebutuhan bisnisnya tanpa harus bertatap muka, dengan kelebihan adanya live tracking," ucap CEO & President Director PT ISG Alfhi Fusvita Cahya.

Baca juga: Sandi harap Akatara 2022 dorong kebangkitan ekonomi dari perfilman

Para pelanggan juga akan mendapatkan informasi program ISGroup Consulting, seperti Pembagian 1.000 hak kekayaan intelektual (HKI) untuk UMKM”yang telah diadakan bersamaan dengan acara peluncuran aplikasi.

Program ini dibuat agar UMKM Indonesia semakin lancar dalam menjalankan bisnis serta membantu mematenkan merek mereka agar tidak ditiru oleh pihak manapun.

Sandiaga turut mengapresiasi ISGroup Consulting yang membantu para pelaku bisnis mengembangkan usaha salah melalui program pembagian 1.000 HKI untuk UMKM.

"Terimakasih kepada ISGroup Consulting atas pemberian 1.000 HKI gratis, dan memang ke depan HKI akan dijadikan salah satu jaminan permodalan kepada perbankan untuk UMKM," kata pendiri gerakan kewirausahaan OK OCE tersebut.

PT ISG mengklaim telah ada ratusan perusahaan yang bekerja sama, termasuk Pindad international logistik, PT Kohler Indonesia, PT Bina Agrosiwi Mandiri, dan PT Tiga Anak Panah Indonesia.

Para pelanggan bisa melihat portofolio ISGroup Consulting di dalam aplikasi. Aplikasi tersebut sudah tersedia dan dapat diunduh di Playstore. Sementara untuk App Store akan menyusul kemudian.

Selain peluncuran aplikasi dan Pembagian 1000 HKI untuk UMKM, dilakukan pula santunan kepada anak yatim piatu bersama OK OCE. Semua agenda tersebut merupakan bagian dari acara pembukaan OK OCE Shop bertajuk Ceria Ramadhan Bersama OK OCE.

Baca juga: Sandiaga apresiasi film "Hayya 2" promosikan pariwisata Ciwidey

Baca juga: Menparekraf beri sinyal perbatasan Batam-Singapura segera dibuka

Baca juga: Sandi: Program Gernas BBI sangat komprehensif untuk berdayakan UMKM

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2022