Jakarta (ANTARA) - Pakar perubahan iklim Jerman Ottmar Edenhofer mengatakan penting bagi Eropa untuk menjalin kerja sama dengan China dalam ekonomi perubahan iklim guna mengatasi tantangan global perubahan iklim. 

Karena kapasitasnya yang besar dan potensinya yang luas untuk inovasi, keterlibatan China sangat penting bagi dunia untuk memecahkan masalah iklim, kata Direktur Institut Potsdam untuk Penelitian Dampak Iklim (Potsdam Institute for Climate Impact Research/PIK) Edenhofer kepada Xinhua dalam sebuah wawancara eksklusif baru-baru ini yang dilansir Senin.

Target China untuk mencapai puncak karbon pada 2030 dan netralitas karbon pada 2060 sejalan dengan rencana Uni Eropa (UE) untuk mencapai netralitas karbon pada 2050, ujar Edenhofer.

PIK menjalin kerja sama dengan beberapa mitra China di Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (Intergovernmental Panel on Climate Change/IPCC) PBB dan telah menerbitkan serangkaian makalah bersama dengan para ilmuwan China, khususnya tentang puncak karbon.

"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan para ilmuwan China," katanya.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2022