Jakarta (ANTARA News) - PT Angkasa Pura (AP) II mempersiapkan lagi empat bandara internasional di Indonesia bagian barat beroperasi selama 24 jam.

"Ini untuk memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat. Selama ini, bandara di lingkungan AP II baru Soekarno-Hatta Cengkareng dan Polonia Medan yang operasi 24 jam," kata Dirut PT AP II Tri S. Sunoko saat dihubungi, di Jakarta, Minggu.

Ke empat bandara tersebut adalah Bandara Minangkabau International Airport (MIA), Bandara Sultan Badarudin II Palembang, Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru dan Bandara Supadio, Pontianak.

Tri menjelaskan, sesuai surat edaran Dirjen Perhubungan Udara, empat bandara tersebut memang diminta untuk memperpanjang jam operasinya hingga 24 jam.

Hal itu sejalan dengan meningkatnya arus penumpang dan kargo udara sehingga penambahan jam operasi menjadi sebuah keharusan.

Diakuinya, selama ini, memang banyak keluhan dari pengguna jasa karena banyak bandara di Indonesia yang hanya buka sampai jam 20.00-21.00.

"Akibatnya, banyak penumpang dari Jakarta atau sejumlah kota lainnya tak bisa melanjutkan penerbangan ke kota tujuan," katanya.

Kendalanya saat ini, lanjut dia, adalah untuk kepentingan itu, selalu kekurangan tenaga pengatur lalu lintas udara (air traffic controller/atc).

Oleh karena itu, tegasnya, penambahan jam operasi bandara itu akan dilakukan secara bertahap dan sesuai dengan kemampuan dan kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang ada.

Data AP II menyebutkan, saat ini ada 600 orang tenaga ATC di seluruh bandara AP II, sedangkan jumlah ideal tenaga ATC butuh 172 orang lagi.

Jumlah itulah yang akan diupayakan penambahan tenaga ATC, melalui kerja sama dengan Badan Pengembangan SDM Perhubungan.

Pekan lalu, PT AP II menerima tambahan 77 tenaga ATC lulusan Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) dari BP SDM Perhubungan.

Pada April 2012, akan ada tambahan tenaga ATC lagi, masing-masing dari STPI Curug Tangerang serta ATKP Medan Sumatera Utara.

"Mereka akan langsung diterima AP II guna memperkuat personelnya di lapangan," katanya.

Kapuskom Publik Kementerian Perhubungan Bambang S. Ervan menambahkan, mulai semester I tahun 2012, diharapkan ada enam bandara di bawah AP II yang sudah bisa beroperasi 24 jam.

"Ke depan, diharapkan semua kota besar bisa dilayani penerbangan selama 24 jam," katanya.

(E008/R010)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011