Donetsk (ANTARA News) - Shakhtar Donetsk yang musim lalu berhasil menembus babak perempat final Liga Champions, kini terpuruk sebagai juru kunci Grup G.

Demi menjaga peluang lolos ke babak knock out, Shakhtar wajib menang atas Zenit St Petersburg, pada pertandingan penyisihan grup, Rabu.

Juara bertahan Liga Ukraina ini baru mengumpulkan satu poin dari dua pertandingan sebelumnya. Saat bertandang menghadapi Porto, mereka takluk 1-2 atas tuan rumah sedangkan di kandang sendiri, Shakhtar ditahan imbang 1-1 oleh klub Siprus, Apoel.

Shakhtar tak boleh kembali tergelincir saat bermain di kandang sendiri di Donbass Arena. Pertandingan kontra Zenit, akan mengingatkan memori lama saat kedua klub masih menjadi kekuatan besar Liga Uni Soviet.

Sejak Liga Uni Soviet berakhir pada 1989, keduanya belum pernah bertemu kembali. Pada pertemuan terakhir tersebut, kedua tim saling memetik kemenangan 1-0 di kandang masing-masing.

Modal bagus dimiliki Shakhtar karena sebelum laga ini, mereka sukses menekuk Simferopol dengan skor 3-1 di Liga Ukraina pada akhir pekan lalu. Hasil ini cukup untuk menjaga posisi puncak klasemen, berbagi posisi dengan Dinamo kiev yang juga memiliki poin yang sama.

Menghadapi Zenit, pelatih Mircea Lucescu, mendapatkan kabar gembira dengan kembalinya bek Dmytro Chygrynsky setelah sebelumnya terkena sanksi. Yaroslav Rakitsky juga telah menjalankan hukuman larangan bermain untuk dua pertandingan, akibat kartu merah yang diterima saat Shakhtar menghadapi Porto.

Sementara itu, Zenit juga masih menguasai puncak klasemen Liga Rusia, dengan keunggulan dua poin atas CSKA Moscow. Sayangnya, pada pertandingan terakhir Sabtu (15/10), mereka ditahan imbang tanpa gol oleh tamunya, Dynamo Moscow.

Hasil tersebut membuat Pelatih Zenit, Luciano Spalletti, cukup optimis menjelang perjalanan timnya ke Ukraina.

"(Hasil) itu bagus, dan merupakan pertandingan yang menarik," ucap Spalletti.

Ia meneruskan, "Kuharap masih banyak lagi hiburan yang dapat diberikan pada fans, meskipun minim gol. Kami banyak menciptakan peluang, namun terburu-buru saat di depan gawang."

Zenit kemungkinan tidak dapat menurunkan bek asal Slovakia, Tomas Hubocan, setelah ia mendapat cedera saat memperkuat tim nasional pekan lalu. Selain itu, striker Alexander Kerzhakov yang masih dililit cedera engkel juga kemungkinan besar tidak akan dimainkan.
(ANT)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011