Jakarta (ANTARA/JACX) - Perbincangan tentang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan terus bergulir di media sosial seiring dengan perkembangan pembangunan proyek yang ditargetkan mulai ditempati sejumlah aparat sipil negara pada 2022 itu.

Sejumlah sebutan tentang IKN Nusantara, salah satunya, muncul dari pengguna Twitter @cobeh2021 yang mengklaim terdapat patung kodok dari tembaga yang akan ada wilayah pengganti Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia itu.

Unggahan foto pada 31 Maret 2022 itu menyebut patung kodok akan menjadi monumen di IKN Nusantara.

Berikut narasi dalam unggahan yang disukai oleh 575 pengguna dan dipublikasi ulang oleh 94 pengguna lain Twitter itu:
“Monumen Bani Kodok
Untuk IKN”


Namun, apakah benar akan terdapat monumen kodok di IKN Nusantara?
 
Unggahan hoaks yang menyebut patung kodok akan ada di IKN Nusantara. (Twitter)


Penjelasan:
Berdasarkan hasil penelusuran ANTARA, foto patung kodok itu bukan merupakan foto monumen yang akan hadir di IKN Nusantara.

Patung kodok, dalam unggahan tersebut, merupakan foto patung yang terletak di Frog Bridge di Kota Windham, Connecticut, Amerika Serikat.

Patung kodok itu dibangun guna memperingati fenomena “Windham Frog Fight” pada 1754. Pada saat itu, penduduk sekitar dikejutkan oleh suar nyaring yang disangka sebagai suara serangan tentara Prancis atau Indian yang tengah berperang dengan penduduk Connecticut.

Setelah diselidiki, suara tersebut berasal dari sekelompok katak Bullfrog Amerika yang kehilangan habitat mereka akibat kekeringan berkepanjangan.

Dengan demikian, foto monumen kodok yang diklaim akan ada di IKN Nusantara adalah hoaks atau salah.

Rating: Hoaks/salah
Klaim: Monumen kodok di IKN Nusantara

Catatan Redaksi: Sebagai bagian dari jaringan media pemeriksa fakta, Cek Fakta, ANTARA meminta kesediaan para pembaca untuk mengisi survei dengan tautan sebagai berikut: https://tinyurl.com/survei-audiens-cekfakta. Survei itu bertujuan menjaring masukan dari para pembaca guna perbaikan produk-produk pemeriksa fakta di media jaringan Cek Fakta. Terima kasih.

Cek fakta: Hoaks! Anies Baswedan jadi kepala otorita IKN

Baca juga: Kepala Otorita IKN harap masyarakat urun rembuk pembiayaan ibu kota

Baca juga: Presiden: Pemindahan Ibu Kota Negara wujudkan Indonesia sentris

Baca juga: PUPR: Istana Presiden dan Wapres di IKN harus dipisah demi keamanan

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
COPYRIGHT © ANTARA 2022