Jakarta (ANTARA News) - Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (Kiara) mendesak Menteri Kelautan dan Perikanan yang baru, Sharif Cicip Sutardjo agar mendorong pengembangan sektor kelautan dan perikanan menuju ke arah ekonomi kerakyatan.

"Menteri yang baru harus mengoptimalkan dan mendorong ekonomi kerakyatan untuk menyejahterakan nelayan dan melakukan perlindungan terhadap ekosistem pesisir," kata Sekretaris Jenderal Kiara, M Riza Damanik.

Riza Damanik menegaskan Menteri Kelautan dan Perikanan juga harus menyadari bahwa sektor kelautan dan perikanan adalah tulang punggung kerakyatan di Indonesia sehingga harus dapat selalu diprioritaskan pemerintah.

Ia mengingatkan bahwa alokasi anggaran yang dipegang oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) selama dua tahun terakhir merupakan jumlah terbesar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Tapi upaya itu tidak diikuti prestasi yang cukup mumpuni," katanya.

Sedangkan permasalahan lainnya, ujar dia, adalah jumlah ikan impor yang meningkat tajam serta banyaknya persoalan dalam pengadaan bantuan kapal bagi nelayan.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Sharif Cicip Sutardjo telah ditunjuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memegang posisi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Fadel Muhammad.
(M040/A011)

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2011