Jakarta (ANTARA) - Tim nasional bola basket 3x3 Indonesia untuk SEA Games Vietnam sudah mulai menjalani pemusatan latihan (pelatnas) di Gelora Bung Karno, Jakarta pada Selasa (5/4), dan langsung fokus membangun chemistry antarpemain dan kerja sama tim.

Ada delapan pemain yang dipanggil untuk pelatnas. Mereka adalah Kevin Moses Eliazer Poetiray, Nickson Damar Gosal, Dame Diagne, Mohammad Sandy Ibrahim Azis, Jamarr Andre Johnson, Surliyadin, Oki Wira Sanjaya, dan Julian Alexandre Chalias.

Manajer timnas 3x3 Ferri Jufry mengungkapkan bahwa para pemain dalam kondisi bagus meski mereka baru menyelesaikan musim reguler IBL 2022. Dengan begitu, latihan di GBK langsung difokuskan pada pemantapan kerja sama tim.

Baca juga: Delapan pemain dipanggil untuk pelatnas basket 3x3 SEA Games 2021

“Program latihan akan lebih menekankan pada kerja sama tim untuk membangun chemistry supaya tim ini menjadi solid dan dapat mencapai hasil yang kita inginkan," ungkap Ferri dalam siaran pers PP Perbasi, Rabu.

Dalam upaya membangun chemistry yang solid, timnas diagendakan melakukan uji coba dalam ajang ABL 3x3 Tournament di Bali pada 16-17 April. Kejuaraan itu menjadi ajang uji coba yang bisa dilakukan sebelum SEA Games Vietnam.

Pada SEA Games Vietnam nanti, timnas 3x3 Indonesia ditargetkan setidaknya dapat mempertahankan medali perak yang diraih di Filipina 2019, namun diharapkan bisa memperbaiki catatan tersebut dengan merebut medali emas.

“Di SEA Games Hanoi, kami ditargetkan minimal mempertahankan medali perak yang di SEA Games lalu di Manila kami mendapatkannya. Tapi kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk dapatkan hasil lebih bagus, yaitu medali emas. Kami sangat percaya itu karena pemain yang ada saat ini dalam kondisi siap main," ucapnya.

Ferry menuturkan bahwa penampilan timnas 3x3 di SEA Games 2021 juga menjadi penting sebagai gambaran dalam menghadapi event ke depan, termasuk FIBA Asia Cup 3x3 di Singapura dan Asian Games 2022 Hangzhou, China.

Baca juga: Timnas basket 3x3 putra ingin uji coba ke Jepang jelang SEA Games 2022
Baca juga: Timnas basket 3x3 putra yakin raih emas SEA Games Vietnam


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2022