Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan RI Gita Wirjawan merumuskan tiga agenda pokok sektor ekspor non-migas yaitu diversifikasi pasar ekspor, meningkatkan pasar dalam negeri dan meningkatkan kualitas dan daya saing produk dalam negeri.

"Kami akan menggalakkan diversifikasi pasar ekspor non-migas di Indonesia," katanya ketika membuka pameran perdagangan Indonesia (TEI) di Jakarta pada Rabu (19/10)

Kinerja ekspor nonmigas selama 2011, ditopang oleh diversifikasi pasar ekspor ke beberapa negara non tradisional seperti beberapa negara yang berada di wilayah Timur Tengah dan Asia. Secara kumulatif, sampai Agustus 2011 ekspor Indonesia mencapai US$ 134,85 miliar atau meningkat 36,58 persen dibanding periode yang sama tahun 2010.

Ekspor nonmigas mencapai US$ 107,37 miliar atau meningkat 31,43 persen. Pertumbuhan ekspor nonmigas maupun migas terus berada di atas 30 persen.

"Apabila pergerakan ekspor sampai akhir tahun dapat dijaga di atas 30 persen, total ekspor kita akan menembus lebih dari US$ 200 miliar," katanya. Lebih lanjut Gita mengatakan penting untuk meningkatkan industri kreatif dan inovasi produksi Indonesia.
(Adm)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2011