Pamekasan (ANTARA News) - Kelompok Usaha Bersama Rula Mitra Bahara (RMB), ditunjuk mewakili Pemprov Jatim dalam lomba budi daya rumput laut tingkat nasional.

"Kelompok usaha ini dipercaya mewakili Pemprov Jatim, setelah berhasil meraih juara dalam lomba budi daya rumput laut tingkat provinsi," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Nurul Widiastutik di Pamekasan Rabu malam.

Kube Rula Mitra Bahari merupakan kelompok usaha yang bergerak dalam usaha budi daya rumput laut di Dusun Jumiang, Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Pamekasan.

"Atas prestasi yang diraih itulah, maka kelompok ini lalu ditunjuk oleh pemprov untuk mewakili Jawa Timur dalam lomba budi daya rumput laut tingkat nasional," kata Nurul Widiastutik menjelaskan.

Nurul menjelaskan, sistem lomba budi daya rumput laut tingkat nasional itu dilakukan oleh tim dari Ditjend Kelautan dan Perikanan dengan melakukan peninjauan langsung ke lokasi.

"Rencananya Kamis (20/10) ini tim dari Ditjend Kelautan dan Perikanan akan turun ke Pamekasan untuk melakukan penilaian," katanya menjelaskan.

Tahun 2009 pemerintah kabupaten Pamekasan menetapkan rumput laut sebagai salah satu produk unggulan di wilayah itu.

Penetapan komoditi rumput laut sebagai salah satu produk unggulan ini, jenis pertanian itu banyak diminati masyarakat, bahkan menjadi ekonomi unggulan warga pesisir.

Di Pamekasan sendiri, rumpur laut sebenarnya belum banyak diproduksi warga. Hanya saja, pertanian jenis budi daya ini menurut Dinas Kelautan dan Perikanan sangat prospek.

Disamping itu, permintaan pasar rumput laut selama ini meningkat tajam, bahkan dalam beberapa kali lelang yang diikuti pemerintah kabupaten Pamekasan permintaan rumput laut selalu tinggi. (ZIZ/M027)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011