Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Herman Khaeron mengatakan, Hari Pangan Sedunia yang diperingati secara nasional hari ini di Gorontalo adalah bagian dari refleksi kita terhadap pentingnya ketersediaan pangan sebagai hak asasi manusia.

"Bahkan lebih dari itu, karena negara Indonesia adalah negara agraris yang kaya dengan keanekaragaman pangan, kedepan tentunya harus menjadi negara yang mampu mewujudkan kedaulatan pangan, kemandirian pangan, ketahanan pangan dan keamanan pangan yang berkelanjutan dengan menghormati kearifan lokalnya, yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat," kata Herman di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Ditambahkan, Hari Pangan Sedunia juga mengingatkan kita semua untuk kembali kepada kejayaan ekonomi masa lalu.

"Yaitu bangsa yang mengedepankan pembangunan yang berbasiskan pada sumber daya alam yang dapat diperbarui, seperti sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan," tambahnya.

Ia juga meminta kepada seluruh komponen bangsa ini untuk bersama-sama memajukan bangsa, termasuk di bidang pertanian

"Mari kita tata bersama oleh seluruh komponen bangsa, karena kemajuan bangsa bukan saja tanggung jawab presiden beserta jajaran eksekutifnya, legislatif dan yudikatif, tetapi merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat indonesia," ajak Herman.(zul)

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011