Padang (ANTARA News) - Jamaah calon haji (calhaj) Embarkasi Padang diingatkan agar membawa uang secukupnya saat berada di Tanah Suci guna menghindari terjadinya aksi kejahatan seperti pencurian atau kehilangan uang dalam bentuk lain.

"Saat bepergian bawa uang secukupnya, jangan simpan di satu tempat karena sudah ada jamaah asal daerah ini yang kehilangan uang saat melaksanakan shalat di Masjid Nabawi," kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang H Darwas di Padang.

Ia menyebutkan, berdasarkan laporan sudah banyak kejadian jamaah yang kecurian, baik saat sedang shalat, di toilet, serta di tempat umum lainnya.

Modusnya, pelaku berpura-pura ikut shalat berjamaah di masjid, kemudian mereka mengintai jamaah yang tengah melaksanakan shalat dan meletakan tas di depan.

Saat rakaat ketiga dan keempat, pelaku pura-pura batal wudhu dan berjalan keluar sembari mengambil tas dan barang berharga lainnya untuk dibawa lari, kata dia.

Ia mengatakan, jika jamaah menyimpan semua uangnya dalam tas dan mengalami kejadian seperti itu, tentu akan langsung kehabisan semua uang.

Untuk itu, sebaiknya saat bepergian tidak membawa semua uang dan meletakkannya pada tempat yang berbeda, lanjut dia. (IWY/R014) 

Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2011