Cianjur (ANTARA) - Pemkab Cianjur, Jawa Barat menyiapkan anggaran Rp177 miliar selama tiga tahun untuk mendukung pemekaran wilayah selatan menjadi Kabupaten Cianjur Selatan.

Anggaran itu untuk pembiayaan mulai dari pembangunan kantor pemerintahan, infrastruktur hingga sarana dan prasarana penunjang lainnya, sebagai bentuk dukungan penuh.

Bupati Cianjur Herman Suherman, di Cianjur, Jumat, mengatakan sebagai bentuk mendukung pemekaran, kabupaten induk akan menyiapkan anggaran setiap tahun ratusan miliar rupiah sampai terbentuknya Kabupaten Cianjur Selatan, sehingga saat disahkan seluruh sarana dan prasarana pendukung sudah tersedia.

"Saat disahkan, Pemerintah sudah dapat langsung berjalan, tanpa harus menunggu pembangunan selesai. Kami juga sudah mengeluarkan anggaran untuk pembangunan kantor pusat pemerintahan di Kecamatan Sindangbarang," katanya.

Ia menjelaskan, meski harus kembali menunggu, pihaknya optimis pemekaran selatan Cianjur menjadi kabupaten baru akan segera terwujud. Sambil menunggu, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat sampai terbentuknya Kabupaten Cianjur Selatan.

"Kami juga akan memperbaiki jalan kabupaten yang membentang di selatan Cianjur, sehingga saat pemekaran disahkan jalan baik dan mulus sudah tersedia sebagai penunjang percepatan pembangunan," kata Herman.

Ketua Pansus I DPRD Provinsi Jabar Sadar Muslihat mengatakan untuk memastikan berbagai kesiapan termasuk pusat pemerintahan di Cianjur Selatan yang akan dimekarkan, pihaknya bersama tim akan mendatangi langsung dan bertemu dengan tokoh selatan Cianjur untuk mendapatkan berbagai masukan.

"Kami akan berkunjung langsung ke Cianjur Selatan, untuk melihat berbagai persiapan yang sudah ada dan akan dibangun, sehingga kami bersama anggota Pansus I DPRD Jabar, akan melaporkan langsung ke Gubernur, sehingga pemekaran dapat segera terwujud," katanya pula.
Baca juga: Penantian warga Cianjur selatan memiliki kabupaten sendiri
Baca juga: Pemkab dan DPRD Cianjur sepakati pemekaran Cianjur Selatan

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2022