Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sumatera Selatan memprakirakan wilayah setempat mengalami cuaca hujan lebat, Ahad.

Rilis pers diterima ANTARA, pada siang hingga sore hari, cuaca diprakirakan berawan, berpotensi hujan sedang – lebat di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Lahat, Pagaralam, Muara Enim, Empat Lawang dan Musi Rawas.

Kemudian wilayah yang berpotensi hujan ringan pada siang hingga sore hari di Musi Rawas Utara, Lubuk Linggau, Penukal Abab Lematagn Ilir (PALI), Prabumulih dan OKU.

Sedangkan pada pagi hari, cuaca diprakirakan cerah berawan di 17 kabupaten/kota Sumsel.

Baca juga: BMKG: Sumsel waspadai hujan lebat disertai angin kencang

Baca juga: BMKG: Warga Sumsel waspadai hujan lebat disertai petir


Pada malam hari, cuaca diprakirakan cerah berawan, berpotensi hujan sedang – lebat di wilayah OKI, OKU Timur, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir, dan PALI. Kemudian, yang berpotensi hujan ringan di wilayah Musi Rawas, Palembang, dan Muara Enim.

Pada dini hari, cuaca diprakirakan berawan, berpotensi hujan sedang – lebat di wilayah Musi Banyuasin, Musi Rawas, Banyuasin, Palembang, Ogan Ilir, Muara Enim, Prabumulih. Kemudian, wilayah yang berpotensi hujan ringan di OKI, OKU Timur, Lubuk Linggau, dan Musi Rawas Utara.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 33 °C, Kelembapan Udara 60 persen - 98 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 20 – 32 °C, kelembapan udara 65 persen - 100 persen.

Angin dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 5 – 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa 0,5 - 1,25 meter, di Selat Bangka bagian Selatan dan Selat Bangka Bagian Utara 0,5 – 1,25 meter. Cuaca diprakirakan hujan ringan, arah angin dari Timur – Barat dengan kecepatan 5 - 30 km/jam.

Berdasarkan prakiraan cuaca tersebut, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang - lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada siang - sore hari di wilayah OKI, OKU Selatan, Lahat, Pagar Alam, Muara Enim, Empat Lawang, dan Musi Rawas.

Sedangkan pada malam hingga dini hari di wilayah OKI, OKU Timur, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Banyuasin, Palembang, Ogan Ilir, Muara Enim, Prabumulih dan PALI.*

Baca juga: BMKG: Suhu udara di Sumsel berkisar 24-35 derajat celcius

Baca juga: BMKG: Sumsel diprakirakan alami hujan ringan hingga hujan petir

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022