Yogyakarta (ANTARA News) - Olimpiade Sains Terapan Nasional Sekolah Menengah Kejuruan 2011 dapat dijadikan media untuk mengapresiasi kemampuan siswa di bidang sains terapan, kata Rektor Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Sudjarwadi.

"Olimpiade tersebut merupakan ajang kompetisi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki kreativitas dan kemampuan beradaptasi untuk lebih mengembangkan diri di masa depan," katanya di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia pada pembukaan Olimpiade Sains Terapan Nasional SMK 2011, perkembangan teknologi dan ekonomi memerlukan kemampuan adaptasi dan kreativitas yang tinggi. Penguasaan sains merupakan langkah strategis untuk bersaing di pasar global.

Hal itu sejalan dengan cita-cita atau statuta Universitas Gadjah Mada (UGM), yakni mengusahakan dan memajukan ilmu pengetahuan serta menyelenggarakan usaha membangun, memelihara, dan mengembangkan hidup karena kemasyarakatan dan kebudayaan.

Selanjutnya, menurut dia, membentuk manusia susila yang cakap dan mempunyai keinsyafan bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya dan dunia umumnya, mengusahakan ilmu pengetahuan masyarakat yang membutuhkan pendidikan dan pengajaran.

"Selain itu, menyelenggarakan sistem dan susunan pelajaran yang ditujukan untuk mendidik tenaga ahli yang memenuhi kebutuhan masyarakat dan negara," katanya.

Ia mengatakan Olimpiade Sains Terapan Nasional SMK tersebut diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai SMK.

"Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap SMK sebagai tempat pendidikan yang berkualitas," katanya.

Ketua Panitia Olimpiade Sains Terapan Nasional SMK 2011 Teguh Widodo mengatakan kegiatan yang berlangsung hingga 28 Oktober 2011 itu diikuti 160 peserta yang merupakan siswa SMK dari seluruh Indonesia.

"Mereka akan berlomba di lima bidang, yakni matematika teknologi, matematika nonteknologi, fisika terapan, kimia terapan, dan biologi terapan," katanya.

(L.B015*H010/M008)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2011