Brussel (ANTARA News) - Bank-bank Uni Eropa akan memerlukan tambahan 106 miliar euro (147 miliar dolar AS) untuk memenuhi persyaratan modal baru di bawah kesepakatan untuk mengatasi krisis utang zona euro, Otoritas Perbankan Eropa (EBA) mengatakan Kamis.

"Target awal dan agregat indikatif modal di tingkat Uni Eropa, berdasarkan angka imbal hasil obligasi negara Juni dan akhir September, sebesar 106 miliar euro," kata badan pengawas dalam sebuah pernyataan, lapor AFP.

Para pemimpin Uni Eropa sepakat pada pertemuan puncak di Brussel awal Rabu untuk merekapitalisasi bank-bank sehingga mereka dapat menahan krisis utang, sebagai bagian dari paket lebih luas untuk melindungi mata uang tunggal.

Para pemimpin menyatakan sebuah "kesepakatan luas" bagi bank untuk meningkatkan rasio modal inti Tier 1 mereka menjadi 9,0 persen dari aset pada 30 Juni 2012, untuk memungkinkan mereka untuk menahan paparan utang zona euro.

Perkiraan EBA ini akan menelan biaya bank-bank Uni Eropa 106,447 miliar euro, dengan jumlah yang dibutuhkan terbesar di Yunani (30 miliar euro), Spanyol (26,161 miliar euro), Italia (14,771 miliar euro) dan Prancis (8,844 miliar euro).

"EBA mengharapkan untuk mengungkapkan kekurangan modal akhir dalam perjalanan November, berdasarkan angka bank per 30 September 2011 ketika bank-bank secara individu akan diminta untuk mengungkapkan modal mereka dan posisi utang negara," katanya. (A026/A011)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011