Jakarta (ANTARA News) - Sebuah perusahaan penyedia solusi peranti lunak SunGard menawarkan solusi keuangan bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia sekaligus membuka kantor perwakilan di Jakarta.

Country Manager SunGard Indonesia Tony Wong mengatakan pembukaan kantor baru SunGard untuk mempertegas komitmennya di Indonesia sekaligus mempererat komunikasi dan kerjasama dengan beberapa pelanggan di Indonesia. Salah satu klien SunGard adalah PT. Mandiri Sekuritas dan PT. CIMB Sekuritas.

"Menurut budaya Asia, kami harus membuka kantor perwakilan di negara pelanggan untuk lebih mempererat hubungan dan kerjasama kami," katanya.

Perusahaan yang bermarkas di Singapura itu menawarkan berbagai solusi-solusi keuangan seperti front office, middle office, back office, manajemen aset, manajemen resiko, pelayanan aset, perbankan, asuransi, broker, perdagangan, manajemen kekayaan, dan likuiditas perusahaan.

Tony menjelaskan solusi-solusi keuangan sangat penting dibutuhkan perusahaan-perusahaan di Indonesia, mengingat krisis ekonomi yang menghantam Eropa dan Amerika Serikat terus menghantui perusahaan-perusahaan di negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

Tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa terkena dampak langsung dari krisis ekonomi dan menyebabkan beberapa perusahaan gulung tikar.

"Sejarah selalu mengajarkan negara yang mapan dengan ekonomi yang kuat bisa terkena krisis ekonomi kapan saja," katanya.

Karena itu, perusahaan-perusahaan teknologi dan keuangan di Indonesia harus dibekali sistem keuangan yang mapan dan handal untuk menangani perubahan ekonomi yang dinamis. (adm)

Pewarta: Adam Rizallulhaq
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2011