Makassar (ANTARA News) - Jamaah calon haji yang diberangkatkan melalui Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar pada Kamis hingga pukul 22.00 Wita sebanyak empat kelompok terbang.

"Pemberangkatan calon haji ini dimulai sejak Kamis dini hari hingga malam hari. Pemberangkatan empat kloter (kloter) ini hanya terjadi pada gelombang kedua," ujar Kepala Sub Bagian Humas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan Muhammad Tonang di Makassar, Kamis malam.

Ia mengatakan, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar memberangkatkan empat kelompok terbang (kloter), yakni kloter 32, 33, 34,dan 35.

Keempat kloter tersebut berasal dari beberapa daerah yang berbeda, yakni dua kloter dari Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Kabupaten Pinrang, dan Kabupaten Jeneponto, masing-masing satu kloter.

Pemberangkatan awal dimulai sejak pukul 02.30 Wita kemudian dilanjutkan pada pemberangkatan kedua pada kloter 33 oleh calon haji asal Kabupaten Pinrang pukul 09.00 Wita.

Sementara jamaah asal Kabupaten Jeneponto yang masuk dalam kloter 34 diberangkatkan pukul 13.00 Wita. Adapun kloter 35 yang juga merupakan jamaah Sulbar berangkat pukul 23.00 Wita. Semua calhaj sudah dikarantina di Asrama Haji Sudiang Makassar sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci.

Total jamaah yang sudah dikarantina di Pemondokan Asrama Haji Sudiang Makassar sebanyak 1.440 orang dengan kapasitas kamar wisma sebanyak 1.600.

"Jumlahnya memang banyak tapi kami masih mampu menampung calon haji sebanyak empat kloter karena kami mempunyai cukup banyak kamar yakni sekitar 1.600," katanya.

Selain itu, pemberangkatan calon haji sebanyak empat kloter itu juga akan terjadi pada Minggu (30/10) karena jamaah calon haji yang datang dari beberapa penjuru Kawasan Timur Indonesia akan tergabung dalam kloter terakhir yakni Kloter 43, 44, 45, dan 46.  (MH/Z002)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011