Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria menonton pertandingan tim U-18 antara Bali United melawan Atletico Madrid pada turnamen International Youth Champhionship (IYC) 2021 di Jakarta International Stadium (JIS).

"Sambil ngabuburit, menunggu waktu berbuka puasa, kami menyaksikan pertandingannya," kata Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria di JIS, Rabu.

Ia menjelaskan, pertandingan dua tim tersebut sekaligus menandai peresmian awal stadion berkapasitas 82 ribu tempat duduk itu.

Dia juga mengatakan, pertandingan tersebut memberikan pesan kepada dunia bahwa Jakarta siap menjadi tuan rumah pertandingan sepak bola internasional.

Begitu juga Indonesia yang siap memfasilitasi menjadi tuan rumah yang kegiatan kelas dunia.
"Kualitas serta fasilitas JIS ini setara dengan stadion megah lainnya di dunia," kata politisi Partai Gerindra itu.

Meski demikian, pada pertandingan tersebut belum dapat disaksikan penonton secara langsung namun ditayangkan oleh salah satu stasiun televisi swasta.

Baca juga: Bali United U-18 dan Atletico Madrid jadi tim perdana berlaga di JIS
Baca juga: Anies jadwalkan resmikan perdana JIS setelah final IYC

 
Arsip Foto - Pengunjung berjalan memasuki stadion utama Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara, Minggu (13/3/2022). (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)
Saat ini baru diadakan peresmian awal JIS melalui turnamen IYC 2021 untuk usia di bawah 18 tahun atau U-18.

Adapun tim yang menjajal rumput baru di stadion bertaraf internasional itu, yakni tim dari Spanyol, Atletico Madrid U-18 dan Barcelona U-18 serta Bali United U-18 dan Indonesia All Stars. IYC ini berlangsung 13-19 April 2022.

Sedianya, tim berlaga pada Desember 2021 di Bali kemudian final di Jakarta. Namun karena lonjakan kasus positif COVID-19 dan varian baru Omicron, turnamen itu ditunda dan baru bisa diadakan pada April 2022.

Rencana awal pertandingan di Bali kemudian dialihkan seluruhnya di Jakarta karena alasan logistik.

Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan, pihaknya menjadwalkan peresmian perdana JIS setelah final turnamen IYC 2021 yang berlangsung 19 April 2022.

"Begitu selesai final maka kami akan bersiap-siap untuk Grand Lauchingnya JIS," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Selasa malam (12/4).
 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2022