Jakarta (ANTARA News) - Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Armida S. Alisjahbana, mengatakan bahwa pemerintah terus melakukan berbagai upaya menjaga pertumbuhan ekonomi, agar gejolak perekonomian global tidak memberi dampak negatif bagi Indonesia.

"Saat ini, negara di berbagai belahan dunia menghadapi gejolak ekonomi dan sosial. Ekonomi dunia pun mengalami perlambatan, sehingga semua negara berusaha melakukan segala upaya untuk tetap menjaga kelangsungan perekonomian mereka, termasuk Indonesia," kata Armida di Gedung Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) di Jakarta, Jumat.

Dalam kondisi global seperti saat ini, kata dia, Indonesia juga melakukan penguatan ekonomi domestik, terutama pergerakan ekonomi di luar pulau Jawa agar pembangunan dan pertumbuhan ekonomi terjaga, merata, dan berkeadilan.

Untuk itu, pemerintah meluncurkan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) demi terwujudnya pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

"Kita patut bersyukur karena Indonesia masih dapat mencapai pertumbuhan ekonomi cukup tinggi ditengah situasi global yang bergejolak, terbukti bahwa selama semester I/2011 pertumbuhan dapat terjaga pada tingkat 6,5 persen, bahkan PDB (Produk Domestik Bruto) tanpa migas kita pada semester I/2011 tumbuh sebesar 7 persen," katanya.
(T.ANT-135/A027)

Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA 2011