Bandung (ANTARA News) - PTKA Daop II Bandung akan kembali mengoperasikan kereta api vakultatif Argo Parahyangan Bandung - Jakarta yang diberangkatkan dari Bandung setiap Senin pukul 04.00 WIB mulai 1 November 2012.

"Kehadiran KA vakultatif yang berangkat Senin dinihari Pkl 04.00 WIB sangat dinantikan konsumen, mulai 1 November nanti kembali dioperasikan," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung Bambang Setya Prayitno di Bandung, Jumat.

Selain itu juga akan dioperasikan KA vakultatif Jakarta - Bandung pada setiap Sabtu dan Minggu pada pukul 08.45 WIB dalam rangka memfasilitasi angkutan wisatawan dari Bandung ke Jakarta dan sebaliknya.

Sementara itu KA vakultatif Senin dinihari sempat dihapuskan menyusul adanya penggabungan KA Argo Gede dengan KA Parahyangan menjadi KA Argo Parahyangan.

"KA vakultatif Bandung - Jakarta sangat diperlukan karyawan yang hendak berangkat kerja ke Jakarta, biasanya mereka butuh perjalanan lebih pagi dari jadwal yang ada," kata Bambang.

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan dalam kaitan waktu tempuh, PTKA akan mempercepat waktu tembuh empat KA Argo Parahyangan dan merubah kelas dari bisnis menjadi eksekutif untuk beberapa KA Argo Parahyangan.

Waktu tempuh KA Parahyangan Bandung - Jakarta yang sebelumnya tiga jam 10 menit, akan ditingkatkan akselerasinya untuk mencapai waktu tempuh dua jam 50 menit.

Menurut Bambang, keempat KA yang ditingkatkan waktu tempunya adalah KA19 Argo Parahyangan pemberangkatan 05.30 WIB, KA23 pemberangkatan pukul 11.30, KA25 pukul 15.00 WIB dan KA 29 yang berangkat pukul 20.05 WIB.

"Sisanya tetap menggunakan waktu tempuh biasa yakni tiga jam 10 menit," kata Bambang.

Menurut Bambang, peningkatan waktu tempuh itu sudah disesuaikan dengan kondisi di jalur, dimana jalur Bandung - Jakarta sudah prima.

(S026)

Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2011