Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas meluncurkan platform Manajemen Pengetahuan Perencanaan Pembangunan (MP3) dalam upaya meningkatkan integrasi dan kualitas pengelolaan pengetahuan atau management knowledge.

Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan platform MP3 dibangun oleh Bappenas melalui dukungan program knowledge sector initiative (KSI).

“Platform ini akan membantu meningkatkan integrasi dan kualitas pengelolaan pengetahuan terutama di Bappenas sebagai pilot project,” katanya dalam Peluncuran Platform MP3 di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Menteri Suharso luncurkan bahan bakar "Made in Bali"

KSI merupakan program kemitraan antara Bappenas dengan Australia yang diwakili oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) untuk mengembangkan kebijakan pembangunan berbasis penelitian, data, dan analisis.

Amalia menjelaskan awal mula pengembangan MP3 berasal dari pengalaman Bappenas sebagai perancang pembangunan nasional yang secara rutin harus memperbarui stok pengetahuan untuk menyusun perencanaan berbasis bukti.

Platform MP3 dibangun sebagai alat dalam melengkapi proses perencanaan pembangunan dengan menyediakan dan membagikan pengalaman serta pengetahuan yang terdapat di seluruh unit kerja di Bappenas.

Secara umum, platform MP3 bertujuan untuk menyediakan wadah dan infrastruktur dalam manajemen pengetahuan atau knowledge management terhadap perencanaan pembangunan di Kementerian PPN/Bappenas.

Baca juga: Bappenas-BKPM sepakati kerjasama untuk mendorong investasi

Knowledge management merupakan kumpulan perangkat, teknik dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan dan membagikan pengertian, pengalaman serta pengetahuan yang berupa ilmu dan informasi.

Platform MP3 ini dikembangkan berdasarkan enam siklus yaitu identifikasi pengetahuan, pengumpulan pengetahuan, pengolahan dan klasifikasi, penyimpanan, diseminasi dan penyimpanan serta pembaruan pengetahuan.

Platform MP3 diharapkan dapat membantu dan mempermudah pekerjaan personil Bappenas dalam menentukan tata kelola kegiatan manajemen pengetahuan pada konteks perencanaan pembangunan.

Platform tersebut juga diharapkan dapat membantu Bappenas dalam meningkatkan kualitas pada personil perencana pembangunan dan substansi rencana pembangunan.

“Semoga platform MP3 dapat memperkuat Bappenas ke depan. Terima kasih atas dukungan Australia melalui program KSI dalam mendukung Indonesia memperkuat ekosistem sektor pengetahuan bersama mitra pembangunan,” kata Amalia.

Konselor Menteri untuk Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Kedutaan Besar Australia di Jakarta Kirsten Bishop pun berharap platform MP3 dapat mendukung kebijakan lintas sektor dalam proses perencanaan pembangunan mengingat adanya tantangan yang multidimensi di Indonesia.

“Platform ini juga dapat menyimpan dan membagikan produk-produk pengetahuan yang dihasilkan dari program-program pembangunan di Indonesia agar digunakan sebagai sumber bukti untuk penyusunan kebijakan,” jelas Bishop.

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2022