Jakarta (ANTARA News) - Pecatur nasional Tirta Chandra siap menantang GM Utut Adianto dalam ajang uji coba catur buta di Jakarta, Kamis (3/11), sebelum bertolak ke SEA Games XXVI.

"Saya mengakui dalam catur buta, Utut merupakan rajanya di Indonesia. Untuk meneruskan cita-citanya meraih sukses di SEA Games XXVI, saya terlebih dulu harus belajar banyak darinya," ujar Tirta di Jakarta, Minggu.

Tirta mengakui, dalam persiapan SEA Games XXVI Jakarta-Palembang nanti yang dipromosikan tampil di catur buta adalah Tirta dan Dede Liu. Ia berharap mendapat ilmu mujarab dari Utut agar mampu menciptakan prestasi optimal.

Menurutnya, dalam catur buta yang dituntut atlet adalah daya ingat dalam memainkan buah catur di papan 64 petak dan untuk itu dituntut latihan konsisten.

Di Indonesia sendiri yang mampu memainkan catur buta hanya tiga orang, yaitu Utut Adianto, Dede Liu dan Tirta Chandra sendiri.

Tirta berharap mencapai sukses di SEA Games XXVI.  Dia hanya memandang Vietnam sebagai lawan kuatnya, sedangkan pecatur Filipina dan Malaysia masih bisa dikuasainya.(*)

ANT/T009

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2011