Palu (ANTARA) -
PT Pos Indonesia Cabang Palu menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng dan bantuan sembako tunai kepada 206.279 Kepala Keluarga penerima manfaat di Provinsi Sulawesi Tengah.
 
Penyaluran bantuan sosial (bansos) ini menyasar dua daerah di Sulteng yakni Kota Palu dan Kabupaten Luwuk. Penyaluran bantuan sudah berlangsung sejak Senin 11 April 2022," kata Kepala PT Pos Indonesia Cabang Palu Muhammad Subhan di Palu, Kamis.
 
Ia menjelaskan dalam penyaluran bansos tersebut, pihaknya kembali ditunjuk oleh Kementerian Sosial (Kemensos), dan kali ini bantuan diberikan dalam bentuk barang penting, sebab akhir-akhir ini minyak goreng dalam kemasan sulit di temukan warga, selain itu harganya pun mahal.
 
Lalu, bantuan selanjutnya yakni sembako tunai. Khusus bantuan minyak goreng dikonversi ke rupiah senilai Rp100 ribu/bulan yang diberikan sekaligus untuk kebutuhan tiga bulan ke depan yakni periode Bulan April, Mei, dan Juni.

Baca juga: Airlangga: Penebalan perlinsos lindungi masyarakat dari gejolak

Baca juga: PT Pos bagikan 318.184 BLT minyak goreng senilai Rp300.000 di Bogor

 
"Jumlah total diterima KPM senilai Rp300 ribu dikonversi dalam bentuk uang," ucap Subhan.
Sedangkan sembako tunai, katanya, dikonversi ke rupiah senilai Rp200 ribu untuk Bulan Mei, sehingga total dua paket bantuan diterima masyarakat senilai Rp500 ribu.
 
Ia mengemukakan di Sulteng pihaknya bertugas menyalurkan BLT dan sembako tunai kepada dua daerah disasar yakni Kota Palu 168.911 KK dan Banggai 37.368 KK. Jumlah itu, berdasarkan penugasan Presiden Joko Widodo yang akan dituntaskan 21 April mendatang atau sebelum hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah.
 
"Lebih dari Rp103 miliar uang kami salurkan kepada masyarakat yang berhak, sebagaimana data yang diajukan masing-masing Pemerintah Daerah," kata Subhan menuturkan.
Warga menunjukkan uang hasil Bantuan Langsung Tunai dan Bantuan Sembako Tunai senilai Rp500 ribu di Kantor PT Pos Indonesia Cabang Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis 14/04/2022. Sebanyak 206.279 keluarga mulai menerima BLT dan BST di Provinsi Sulawesi Tengah. ANTARA/Muhammad Izfaldi

Ia menambahkan proses penyaluran bansos tersebut dilakukan dengan tiga metode, yakni melalui Kantor Pos, lewat komunitas dan disalurkan langsung ke rumah-rumah KPM yang sudah ditetapkan dalam data.
 
Penyaluran bansos dengan cara dari rumah ke rumah dikhususkan kepada KPM lanjut usia (lansia), sehingga mereka tidak perlu datang antre di Kantor Pos.
 
"Sedangkan penyaluran melalui komunitas, kami pendampingan komunitas masyarakat di masing-masing daerah melakukan penyaluran kepada KPM," demikian Subhan.*

Baca juga: Mensos pastikan awasi penyaluran BLT minyak goreng hingga Papua

Baca juga: Anggota DPR: BLT terkait minyak goreng adalah bentuk teguran

Pewarta: Mohamad Ridwan/Muhammad Izfaldi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2022