Moskow (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin menggarisbawahi pentingnya diversifikasi ekspor energi saat pasokan ke arah barat akan dikurangi di masa mendatang.

"Oleh karena itu, penting untuk mengonsolidasikan tren beberapa tahun terakhir: selangkah demi selangkah, reorientasi ekspor kita ke pasar yang berkembang pesat di selatan dan timur," ujar Putin dalam sebuah pertemuan pemerintah via tautan video tentang situasi terkini di sektor minyak dan gas Rusia.

"Untuk mewujudkan ini, dalam waktu dekat perlu untuk mengidentifikasi fasilitas-fasilitas infrastruktur utama dan memulai pembangunannya," katanya.

Sementara itu, Putin memerintahkan untuk meningkatkan pasokan energi kepada konsumen Rusia, seraya menambahkan bahwa penurunan harga dimungkinkan untuk merangsang permintaan domestik.

Dia juga menginstruksikan pemerintah untuk mempercepat pengembangan deep processing minyak dan gas sesegera mungkin.

Rusia menuntut "negara-negara yang tidak bersahabat" untuk membeli gas alamnya dengan mata uang rubel, tetapi banyak dari negara-negara tersebut telah menyatakan penolakan.

Pada pertemuan pemerintah itu, Putin menyebutkan ada kegagalan dalam pembayaran untuk energi Rusia, dan bahwa bank-bank dari "negara-negara yang paling tidak bersahabat" menunda transfer pembayaran. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2022